HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG SIKAP GURU DENGAN MINAT BELAJAR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING
Abstract
Minat belajar siswa yang masih rendah dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Sikap guru dalam mengajar merupakan salah satu faktor eksternal yang memengaruhi minat belajar siswa. Guru di dalam kelas harus senantiasa memperhatikan hal-hal yang dapat menumbuhkan minat belajar siswa, terutama memperhatikan masalah sikapnya, karena figur seorang guru tidak akan lepas dari pandangan dan penilaian siswanya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang sikap guru dengan minat belajar siswa kelas IV-V selama pembelajaran daring di SDN 1 Rumbuk Timur Lombok Timur. Jenis penelitian ini adalah analitik korelasi dengan desain cross sectional. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-V. Sampel pada penelitian ini berjumlah 73 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner persepsi siswa tentang sikap guru dan minat belajar yang telah dilakukan expert judgement dengan nilai 0,85. Analisis bivariat menggunakan uji chi-square. Persepsi siswa pada kategori baik sebanyak 48 orang (65,8%), minat belajar pada kategori baik sebanyak 47 orang (64,4%). Hasil analisis bivariat didapatkan nilai p-value 0,000 (<0,05). Persepsi siswa tentang sikap guru merupakan salah satu faktor yang berhubungan dengan minat belajar siswa kelas IV-V di SDN 1 Rumbuk Timur Lombok Timur.
Downloads
References
Deprianto, R., Radyuli, P., & Wijaya, I. (2019). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Guru PLK Terhadap Sikap Belajar Siswa (Studi Kasus Kelas X SMK Negeri 1` Padang). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6 (2), 47–55
Hamdani, A. R & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. 6(1). 6-9
Kardo, R., & Yuzarion. (2017). Sikap Guru Terhadap Peserta Didik Dalam Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan 2 (2),189-195
Marni (2018). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Profesional Guru Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Geografi Pada Siswa SMAN 10 Palangka Raya. Jurnal Meretas 2 (1), 83 - 91
Mustakim. (2020). Efektifitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma : Journal of Islamic Education 2 (1), 1-12
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1 (1), 128 – 135
Ricardo & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2 (2), 188 - 201
Setyorini, I. (2020). Pandemi Covid-19 dan online learning: Apakah berpengaruh terhadap proses pembelajaran pada kurikulum 13? Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), 1(1), 95–102
Simatupang, E. (2017). Hubungan Sikap Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN di SMA Cerdas Bangsa Deli Tua. Jurnal Curere, 1(1), 39–47
Sirait, E. D. (2016) Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestas Belajar Matematika. FORMATIF : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6 (1), 35-43
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Tarmiji, T., Basyah, M.N & Yunus, M. (2016). Persepsi Siswa terhadap Kesiapan Guru dalam Proses Pembelajaran (Studi pada SMP Negeri 18 Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsiyah 1 (1), 41-48
Yunitasari, R & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 236–24