HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN STRES AKADEMIK PADA REMAJA

  • Ni Luh Putu Wahyu Widiani Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Gusti Ayu Ary Antari Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Ida Arimurti Sanjiwani Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Remaja merupakan kelompok yang rentan mengalami stres akademik. Stres akademik akan memberikan dampak negatif pada remaja SMA khususnya kelas XII jika tidak ditangani dengan baik. Upaya untuk menurunkan stres akademik dapat dilakukan dengan cara meningkatkan faktor internal dan eksternal remaja, yaitu efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya dengan stres akademik pada remaja kelas XII di SMA Negeri 8 Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel berjumlah 206 remaja kelas XII yang diperoleh menggunakan probability sampling dengan teknik proportioned stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner Educational Stress Academic for Adolescent (ESSA), General Self-Efficacy (GSE), dan Student Academic Support Scale (SASS). Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan Spearman Rank. Hasil analisis univariat menunjukkan 47,6% memiliki stres akademik dengan kategori sedang, 50,5% memiliki efikasi diri dengan kategori sedang, dan 50,5% memiliki dukungan sosial teman sebaya dengan kategori sedang. Hasil analisis bivariat menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan stres akademik (nilai p =  0,002) serta ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan stres akademik (nilai p = 0,011). Simpulan dari penelitian ini yaitu efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya dapat mempengaruhi terjadinya stres akademik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade, A. H. (2019). Students academic stress and implications in counseling. 1(1), 7.
Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139. https://doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395.
Bandura, A. (1997). Self-efficacy the exercise of control. Standford University, New York: Standford University, New York.
Barseli, M., Ahmad, R., & Ifdil, I. (2018). Hubungan stres akademik siswa dengan hasil belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 40. https://doi.org/10.29210/120182136.
Cowie, H., & Wallace, P. (2000). Peer support in action: From bystanding to Standingby. SAGE Publiction Ltd.
Dewanti, D. E. (2016). Tingkat stres akademik pada mahasiswa bidikmisi dan non bidikmisi FIP UNY. E-Journal Bimbingan dan Konseling, 12(5).
Faqih, M. F. (2020). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap stres akademik mahasiswa malang yang bekerja [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.
Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis tingkat stres akademik pada mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh dimasa covid-19. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 10–14. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i1.4804.
Hendrianti, A. (2006). Psikologi perkembangan: pendekatan ekologi kaitannya dengan konsep diri dan penyesuaian diri pada remaja. Bandung: PT. Reflika Aditama.
Hidayah, M. (2018). Hubungan dukungan teman sebaya terhadap stres akademik pada siswa SMA boarding school [Skripsi]. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Hikmah, L. U. (2020). Hubungan Antara Optimisme Dengan Stress Akademik Pada Siswa Kelas Xii Sma Di Yogyakarta. Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Yogyakarta.
Lee, C.-Y. S., & Goldstein, S. E. (2016). Loneliness, stress, and social support in young adulthood: does the source of support matter? Journal of Youth and Adolescence, 45(3), 568–580. https://doi.org/10.1007/s10964-015-0395-9.
Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres akademik mahasiswa dalam melaksanakan kuliah daring selama masa pandemi covid 19. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(1), 31. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i1.5454
Miyono, N., Muhdi, M., Nyoman, N. A., & Wuryani, T. (2019). Pengaruh soft skill pendidik dan efikasi diri terhadap stres akademik siswa madrasah aliyah negeri kabupaten semarang. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi), 5(1), 45–56. https://doi.org/10.18784/smart.v5i1.746
Monks, F. J., Knoers, A. M. P., & Haditono, S. R. (2006). Psikologi perkembangan pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: UGM Pers.
Murniningsih, R., Zuhriyah, E., & Fitrilia, M. (2016). Faktor psikologis karyawan & pengaruhnya terhadap kinerja UMKM. 10.
Nurmaliyah, F. (2014). Menurunkan stres akademik siswa dengan menggunakan teknik self-instruction. 2, 10.
Pascoe, M. C., Hetrick, S. E., & Parker, A. G. (2020). The impact of stress on students in secondary school and higher education. International Journal of Adolescence and Youth, 25(1), 104–112. https://doi.org/10.1080/02673843.2019.1596823.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2019 tentang penerimaan peserta didik baru (PPDB pada taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan sekolah menengah kejuruan. 10 Desember 2019. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 1591. Jakarta.
Purwati, M., & Rahmandani, A. (2018). Hubungan antara kelekatan pada teman sebaya dengan stres akademik pada mahasiswa teknik perencanaan wilayah dan kota universitas diponegoro semarang. 7, 12.
Puspitasari, Y. P., Abidin, Z., & Sawitri, D. R. (2010). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kecemasan menjelang ujian nasional (un) pada siswa kelas xii reguler sma negeri 1 surakarta. 17.
Putro, K. Z. (2017). Memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja. 17(1), 8.
Rochma, S., & Hartini, N. (2021). Hubungan antara keberfungsian keluarga dan dukungan sosial teman sebaya dengan subjective well-being (Studi pada remaja yang mengalami stres di masa pandemi covid-19). 1, 8.
Sabra, R. F. (2014). Studi deskriptif mengenai stress appraisal dan coping stress terhadap tuntutan akademik pada siswa sma x di bandung. Pustaka Ilmiah Universitas Padjajaran, 1–7.
Safiany, A., & Maryatmi, A. S. (2018). Hubungan self efficacy dan dukungan sosial teman sebaya dengan stres akademik pada siswa-siswi kelas xi di sma negeri 4 jakarta pusat. IKRAITH-humanira, 2(3), 9.
Salmon, A. G., & Santi, D. E. (2021). Dukungan sosial dengan stres akademik mahasiswa perantau dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. 8.
Santrock, J. W. (2007). Psikologi pendidikan. Terjemahan: Wibowo. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sasmita, I. A. G. H., & Rustika, I. M. (2015). Peran efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama program studi pendidikan dokter fakultas kedokteran universitas udayana. Psikologi Udayana, 2(2), 280–289.
Schunk, H. D., & DiBenedetto, M. K. (2014). Academic self-efficacy. 115–130.
Setiani, D. A. (2015). Studi korelasi sumber coping dan strategi coping pada remaja [Skripsi]. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Siregar, A. L. M. (2020). Gambaran stres akademik siswa kelas X SMA Negeri 1 Tebing Tinggi [Skripsi]. Sumatera Utara, Medan.
Sudarsani, L. (2020). Hubungan stres akademik dengan depresi pada siswa mipa di sman 4 denpasar [Skripsi]. Universitas Udayana, Denpasar.
Tamba, J. J. (2021). Efikasi diri dengan stres akademik siswa sma selama pembelajaran daring masa pandemi covid-19. 7.
Tamimi, L. H., Herardi, R., & Wahyuningsih, S. (2020). Hubungan antara tingkat stres akademik dengan kejadian dispepsia pada siswa kelas xii ipa di sma negeri 81 kota jakarta timur tahun 2019. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(3), 143. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i3.399.
Taufik, T., & Ifdil, I. (2013). Kondisi stres akademik siswa sma negeri di kota padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2), 143. https://doi.org/10.29210/12200.
Thompson, B., & Mazer, J. P. (2009). College student ratings of student academic support: Frequency, importance, and modes of communication. Communication Education, 58(3), 433–458.
Thompson, B. (2008). How college freshmen communicate student academic support: a grounded theory study. Communication Education, 57(1), 123–144. https://doi.org/10.1080/03634520701576147.
Utami, S. D. (2015). The corelation between self-efficacy and academic stress of the grade xi students at man 3yogyakarta. 15.
Winata, P. P. (2017). Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan kepercayaan diri remaja. 6.
World Health Organization (WHO). (2015). Adolescent health. Diambil dari https://www.who.int/health-topics/adolescent-health#tab=tab_1
Yasufi, R. M., & Widiasmara, N. (2018). Hubungan antara dukungan sosial dengan stres akademik pada siswa remaja SMA di Yogyakarta [Skripsi]. Islam Indonesia, Yogyakarta.
Zulfia, M. (2018). Hubungan dukungan sosial dan efikasi diri pada siswa di SMP Negeri 02 Jabon Sidoarjo [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.
Published
2022-06-29
How to Cite
WIDIANI, Ni Luh Putu Wahyu; ANTARI, Gusti Ayu Ary; SANJIWANI, Ida Arimurti. HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN STRES AKADEMIK PADA REMAJA. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 10, n. 3, p. 310-319, june 2022. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/86204>. Date accessed: 11 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2022.v10.i03.p11.
Section
Articles