PENGARUH STORY TELLING TENTANG KESIAPAN MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI TERHADAP SELF EFFICACY ANAK PRASEKOLAH

  • Ririnisahawaitun Ririnisahawaitun STIKes Hamzar, Mamben Daya, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
  • Sasteri Yuliyanti STIKes Hamzar, Mamben Daya, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
  • Baiq Fina Farlina STIKes Hamzar, Mamben Daya, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
  • Hariawan Junardi STIKes Hamzar, Mamben Daya, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

Abstract

Indonesia terletak di kawasan cincin api Pasifik yang berpotensi tinggi terhadap bencana alam, seperti gempa bumi. Anak-anak merupakan populasi yang rentan menjadi korban jiwa. Self efficacy dibutuhkan agar anak memiliki kemampuan dalam bertindak saat terjadi bencana. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan self efficacy anak adalah dengan story telling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh story telling tentang kesiapan menghadapi bencana gempa bumi terhadap self efficacy anak prasekolah. Penelitian ini adalah penelitian pre experiment, dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anak di PAUD Tulus Ikhlas Al Habibi Desa Batuyang Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur sebanyak 60 orang yang ditentukan dengan total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner self efficacy yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Intervensi dalam penelitian ini berupa story telling menggunakan media boneka tangan. Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat pengaruh story telling tentang kesiapan menghadapi bencana gempa bumi terhadap self efficacy anak (p value = 0,000).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminimanesh, A., Ghazavi, Z., & Mehrabi, T. (2019). Effectiveness of the puppet show and storytelling methods on children's behavioral problems. Iranian journal of nursing and midwifery research, 24(1), 61.
Andina, S. (2010). Disaster preparedness education for young children. 5th Annual
International Workshop & Expo on Sumatra Tsunami Disaster & Recovery.
Appiah, B., Anum-Hagin, D., Gyansa-Luterrodt, M., Samman, E., Agyeman, F. K. A., Appiah, G., ... & Rene, A. (2021). Children against antibiotics misuse and antimicrobial resistance: assessing effectiveness of storytelling and picture drawing as public engagement approaches. Wellcome Open Research, 6.
Ariani, L., & Hariyono, D. S. (2019). Storytelling sebagai metode dalam mengembangkan kemampuan berbahasa pada anak prasekolah. In Prosiding Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Pendidikan (pp. 36-44).
Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2018). Laporan Kinerja Tahun 2018. Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana.
Bartels, S. A., & VanRooyen, M. J. (2012). Medical complications associated with earthquakes. The Lancet, 379(9817), 748-757.
Cooper, K., Hatfield, E., & Yeomans, J. (2019). Animated stories of medical error as a means of teaching undergraduates patient safety: an evaluation study. Perspectives on medical education, 8(2), 118-122.
Gunanda, A. D., Wiwaha, A. A., & Krisnawati, R. (2018). Strategi Recovery Sektor Pertanian Pascabencana Gempa di Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Dialog Penanggulangan Bencana, 2087, 89.
Herdwiyanti, F., Sudaryono. (2013). Perbedaan Kesiapsiagaan Menghadapi
Bencana Ditinjau Dari Tingkat Self Efikasi Pada Anak Usia Sekolah Dasar
Di Daerah Dampak Bencana Gunung Kelud. Jurnal Psikologi
Kepribadian Dan Sosial. 2(01), 1-7.
Isbell, R., Sobol, J., Lindauer, L., & Lowrance, A. (2004). The effects of storytelling and story reading on the oral language complexity and story comprehension of young children. Early childhood education journal, 32(3), 157-163.
Larkey, L. K., Lopez, A. M., Minnal, A., & Gonzalez, J. (2009). Storytelling for promoting colorectal cancer screening among underserved Latina women: a randomized pilot study. Cancer control, 16(1), 79-87.
Levac, J., Toal-Sullivan, D., & OSullivan, T. L. (2012). Household emergency preparedness: a literature review. Journal of community health, 37(3), 725-733.
Lieber, M. (2017). Assessing the mental health impact of the 2011 great Japan earthquake, tsunami, and radiation disaster on elementary and middle school children in the Fukushima prefecture of Japan. PLoS one, 12(1), e0170402.
Moitra, K. (2014). Storytelling as an active learning tool to engage students in a genetics classroom. Journal of microbiology & biology education, 15(2), 332-334.
Santrock, J.W. (2010). Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.
Sekhavatpour, Z., Khanjani, N., Reyhani, T., Ghaffari, S., & Dastoorpoor, M. (2019). The effect of storytelling on anxiety and behavioral disorders in children undergoing surgery: a randomized controlled trial. Pediatric health, medicine and therapeutics, 10, 61.
Syamsuddin, S. (2019). Pemulihan trauma anak-anak korban gempa di Kota Palu melalui mendongeng. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 27-33.
Syarif, H., & Mastura, M. (2015). Hubungan self efficacy dengan kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami pada siswa sekolah menengah atas negeri 2 dan 6 Banda Aceh. Idea Nursing Journal, 6(2), 53-61.
Takahashi, K., Kodama, M., Gregorio Jr, E. R., Tomokawa, S., Asakura, T., Waikagul, J., & Kobayashi, J. (2015). School Health: an essential strategy in promoting community resilience and preparedness for natural disasters. Global health action, 8(1), 29106.
USAID & BNPB. (2018). Pembelajaran Penanganan Darurat Bencana Gempa Bumi Lombok. Bandung: Forum Perguruan Tinggi Pengurangan Risiko Bencana (FPT-PRB) dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) BNPB.
Published
2022-04-29
How to Cite
RIRINISAHAWAITUN, Ririnisahawaitun et al. PENGARUH STORY TELLING TENTANG KESIAPAN MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI TERHADAP SELF EFFICACY ANAK PRASEKOLAH. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 123-129, apr. 2022. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/83999>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2022.v10.i02.p01.
Section
Articles