ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III DI RSUD KOTA KOTAMOBAGU

  • Fernando M Mongkau Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika Kotamobagu
  • Gustaaf A. E. Ratag Universitas Sam Ratulangi, Manado
  • Aaltje E. Manampiring Universitas Sam Ratulangi, Manado

Abstract

Kesehatan merupakan salah satu hak asasi manusia, dan sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 telah ditegaskan bahwa setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan. Pentingnya pemenuhan kepuasan pasien di RSUD Kota Kotamobagu untuk meningkatkan kapasitas layanan dan status RSUD Kota Kotamobagu yang dalam tahap pembentukan BLUD, Kepuasan publik dapat dipenuhi dengan mengkaji 5 dimensi dalam pelayanan kesehatan yaitu reliability, assurance, tangible, empathy dan responsiveness. Tujuan penelitian memperoleh informasi mendalam tentang tingkat kepuasan pasien rawat inap kelas III di RSUD Kota Kotamobagu. Penelitian ini dilakukan menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan metode in-depth interview. dilakukan pada Bulan Oktober hingga Februari 2021, di RSUD Kota Kotamobagu, Informan dalam penelitian ini adalah seluruh pasien di ruang rawat inap sebanyak 18 pasien, informan pasien yang diambil sebagai sampel dengan teknik accidental sampling. Analisis data menggunakan teknik content analysis. Hasil penelitian menunjukan dimensi reliabilitas masih adanya dokter spesialis yang tidak tepat waktu dalam pemeriksaan pasien, dimensi daya tanggap, kurangnya kesopanan dan keramahan petugas terhadap pasien dan dimensi bukti fisik sarana dan prasarana rumah sakit yang belum lengkap.Terdapat tiga hal yang belum berjalan secara maksimal sehingga berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Tiga hal tersebut adalah lebih ditingkatkan lagi ketepatan waktu dokter spesialis dalam pemeriksaan pasien, kurangnya kesopanan dan keramahan petugas terhadap pasien dan sarana dan prasarana yang belum lengkap.


Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan, Rawat Inap

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bustami, 2011. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga.
Evans, 2007. The Economic of Canadian Helath Care. Toronto: Butterworths.
Hadi, 2017. Buku Ajar Manajemen Keselamatan Pasien. Yogyakarta: Deepublish.
Herri, 2017. Dasar-dasar Komunikasi Bagi Perawat. Jakarta: Kencana.
KEMENKUMHAM RI, 2012. Tentang Pengelolaan Keuangan Badan layanan Umum. [Online]
Available at: https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2012/74TAHUN2012PP.HTM
[Accessed 9 November 2020].
KEMENKUMHAM RI, 2018. Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 79 Tentang Badan Layanan Umum Daerah. [Online]
Available at: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/111301/permendagri-no-79-tahun-2018
[Accessed 18 November 2020].
Mukarom, Z., 2015. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: Pustaka Setia.
Pakpahan, S., 2015. Pelayanan Prima. Artikel Ilmiah Rumah Sakit, 3(5), pp. 15-25.
Purwoastuti, E. & Walyani, E. S., 2015. Mutu Pelayanan kesehatan dan Kebidanan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
RSUD Kota Kotamobagu, 2020. Profil RSUD Kota Kotamobagu, Kotamobagu: RSUD Kota Kotamobagu.
Sangadji, E. M. & Sopiah, 2013. Perilaku Konsumen: pendekatan praktis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sudirman, 2018. Upaya Peningkatan Pelayanan Konseling dan Tes HIV Sukarela Pada Masyarakat Berisiko Terinfeksi HIV berdasrakan Gap Analysis Model SERVQUAL (studi di Puskesmas Putat jaya dan Perak Timur Kota Surabaya). [Online]
Available at: http://repository.unair.ac.id/76355/
[Accessed 2 Oktober 2020].
Supranto, 2011. Pengukuran Tingkat kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutriono, D. & Sudirman, 2020. Health services description (pharmacy installation) in district hospital prof. Dr. H. Aloei saboe. IKESMA (Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat), 16(2), pp. 117-125.
UU Republik Indonesia, 2009. UU No 44 Tentang Rumah Sakit. [Online]
Available at: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38789/uu-no-44-tahun-2009
[Accessed 4 Desember 2020].
Published
2021-02-28
How to Cite
MONGKAU, Fernando M; RATAG, Gustaaf A. E.; MANAMPIRING, Aaltje E.. ANALISIS KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III DI RSUD KOTA KOTAMOBAGU. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 36-45, feb. 2021. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/71137>. Date accessed: 19 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2021.v09.i01.p06.
Section
Articles