PENGARUH TERAPI BERMAIN (TEKNIK BERCERITA) TERHADAP DAMPAK HOSPITALISASI PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI IRINA E RSUP PROF. DR. R. D. KANDOU MANADO

  • Finni Fitria Tumiwa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kesehatan Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika Kotamobagu

Abstract

Hospitalisasi merupakan suatu keadaan krisis pada anak, saat anak sakit dan dirawat di rumah sakit, keadaan ini terjadi karena anak berusaha untuk beradaptasi dengan lingkungan asing dan baru yaitu rumah sakit, sehingga kondisi tersebut menjadi faktor stressor bagi anak baik terhadap anak maupun orang tua dan keluarganya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi bermain (teknik bercerita) terhadap dampak hospitalisasi pada anak usia pra sekolah di IRINA E RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pre test-post test design. Populasi adalah seluruh pasien anak usia pra sekolah yang dirawat di IRINA E RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado yang bejumlah 16 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah total populasi. Data yang diperoleh kemudian ditabulasi dan disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi, kemudian dianalisis melalui uji statistik uji-T. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara terapi bermain dengan dampak hospitalisasi pada anak usia pra sekolah yang dirawat di IRINA E RSUP. Prof. Dr. R. D. Kandou Manado, dimana diperoleh nilai p = 0,000 < 0,05. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara terapi bermain dengan dampak hospitalisasi pada anak usia pra sekolah yang dirawat di IRINA E RSUP. Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Saran bagi perawat diharapkan hendaknya dapat mengaplikasikan terapi-terapi sederhana yang diberikan kepada anak usia prasekolah untuk mengurangi dampak  hospitalisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, R. (2016). Pengaruh Terapi Bermain Play Dough Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia Pra sekolah, Skripsi, Prodi S1 Keperawatan STIKes Insan Cendekia Medika, Jombang.
Apriani, D. (2013). Hubungan Antara Hospitalisasi Anak Dengan Tingkat Kecemasan Orang Tua. Jurnal Keperawatan Soedirman. Volume 8. PSIK STIK Jendral Achmad Yani Cimahi. (Online). (keperawatan.unsoed.ac.id/sites/default/files /jks20130802_92-104.pdf
Aini, A. P. (2016). Pengaruh Terapi Bermain Walkie Talkie Terhadap Tingkat Kecemasan Akibat Hospitalisasi pada Anak Usia Prasekolah di RSUD. Dr. Moerwadi
Arikunto., (2010). Prosedur Penelitian, EGC: Jakarta.
Dewi, P. P., & Sufriani. (2017). Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Perawat Dengan Tingkat Kecemasan Hospitalisasi Anak Prasekolah.
Fradianto, I. (2014). Pengaruh Terapi Bermain Lilin Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah yang Mengalami Hospitalisasi Di RSUD Dr. Soedarso Pontianak. Jurnal Publikasi volume 1 No. 1. Program studi Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak. (Online). (http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmkepe rawatanFK/article/view/5274,
Gustina. (2011). Pengaruh permainan modifikasi terhadap perkembangan motoric kasar dan halus anak di TK Kartika.
Hasnita,E., & Gusvianti, S. (2018). Meningkatkan Kooperatif Selama Menjalani Perawatan Pada Anak Usia Prasekolah (3-5 tahun) Melalui Terapi Bermain.
Hutabarat, M., Herman., & Nurfiarti.,A. (2017). Analisa Persepsi Perawat Tentang Pelaksanaan Terapi Bermain pada Anak yang Mengalami Hospitalisasi di RSUD dr. Abdul Aziz Singkawang: Studi Fenomenologi.
Harjaningrum, A. T. (2007). Peranan Orang Tua dan Praktisi Dalam Membantu Tumbuh Kembang Anak Berbakat Melalui Pemahaman Teori dan Tren Pendidikan. Jakarta: Prenada
Hawari. (2006). Pendekatan Holistik Pada Gangguan Jiwa Skizofrenia. Jakarta : Gaya Baru.
Hidayat. (2005). Anak Usia Prasekolah. Edisi 1, Jakarta: Salemba Medika.
Iwang, D. (2008). Stress Pada Anak. Jakarta: Gramedia.
Kartono, K. (2007). Perkembangan Psikologi Anak. Jakarta: Erlangga.
Kristension, I. (2012). Dukungan Orang Tua Pada Anak Yang Dihospitalisasi.
Laili, I. E. (2006), Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Pada Anak
Sekolah Yang di Rawat di Instalasi Kesehatan Anak (INSKA) RSUP
Dr.Sardjito Yogyakarta, Skripsi, FK UGM, Yogyakarta.https://www.scribd.com/doc/194479245/ Faktor-Yang-Mempengaruhi Kecemasan-Anak-Sekolah. .
Paturuhu, A. R. (2014). Pengaruh Terapi bermainTerhadap Dampak Hospitalisasi Pada Anak Usia Prasekolah Eka Hospital Bsd Tangerang. Jurnal Keperawatan Universitas Esa Unggul Jakarta. Halaman 1-9. http://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Undergraduate-3031-Lampiran.pdf.
Soetjiningsih dan Ranuh., (2013). Tumbuh Kembang Anak, edisi II. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC
Utami, Y. (2014). Dampak Hospitalisasi Terhadap Perkembangan Anak. e-Journal Ilmiah WIDYA, Volume 2. Nomor 2. ISSN 2337-6686. Halaman 9-20.http:// e-journal. jurwidyakop3.com/index.php/jurnal-ilmiah/article/view/177.
Winarsih, B. D. (2012). Pengaruh Peran Serta Orangtua dengan Dampak Hospitalisasi pada Anak Usia Prasekolah di RSUD RA Kartini Jepara. Fakultas Ilmu Keperawatan Program Studi Magister Ilmu Keperawatan, Depok.
Wong, D., L. (2000). Whaley and Wong’s nursing care of infants and children. (7th ed.). St. Louis: Mosby.
Published
2021-02-28
How to Cite
TUMIWA, Finni Fitria. PENGARUH TERAPI BERMAIN (TEKNIK BERCERITA) TERHADAP DAMPAK HOSPITALISASI PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI IRINA E RSUP PROF. DR. R. D. KANDOU MANADO. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 67-73, feb. 2021. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/70845>. Date accessed: 19 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2021.v09.i01.p09.
Section
Articles