Hubungan Status Gizi dengan Derajat Hipertensi Pada Lansia Di Desa Tombolango Kecamatan Lolak

  • Ake Royke Calvin Langingi Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika Kotamobagu

Abstract

Masalah gizi lansia adalah meningkat karena  berbagai faktor seperti kurangnya pengetahuan tentang nutrisi lansia dan pemrosesan makanan yang baik untuk lansia yang kemudian langsung berefek status gizi lansia. Psikologis pengaruh, kesalahan diet, dan ekonomi rendah status keluarga juga dapat menyebabkan nutrisi yang tidak memadai di kalangan lansia. 4 Lansia dicirikan oleh kondisi unik mereka sebagai akibat dari perubahan fisiologis yang karakteristik penuaan, serta penyakit dan faktor psikososial dan diet yang mempengaruhi status gizi mereka. Hipertensi merupakan keadaan dimana tekanan darah yang sama atau melebihi 140 mmHg sistolik dan/atau sama melebihi 90 mmHg diastolik. Penelitian ini untuk mengetahui status gizi dengan derajat hipertensi pada lansia.


Penelitian ini menggunakan metode deskritif dengan pendekatan cross sectional. Total populasi 155 lansia dengan hipertensi dan didapat 32  Sampel.  Instrument digunakan Lembar Observasi variabel independen adalah Status gizi, variabel dependen adalah derajat hipertensi, Analisis menggunakan uji Chi Square.


Hasil:Terdapat hubungan status gizi dengan derajat hipertensi pada lansia, yaitu di peroleh nilai P=0,003 dimana nilai p lebih kecil dari p(0,05).Sebagai saran: Di harapkan, memberikan penyuluhan kesehatan kepada lansia untuk pengendalian status gizi yang seimbang, bagi masyarakat melakukan pencegahan dan penanggulangan hipertensi dengan cara memperbaiki pola makan dan mengurangi kebiasaan-kebiasaan yang dapat meningkatkan terjadinya hipertensi hipertensi. Kesimpulan : dari penelitian ini adalah ada hubungan antara status gizi dengan derajat hipertensi pada lansia di Desa Tombolango kecamatan Lolak.


Kata Kunci: Hipertensi, Self-efficacy, Self-management behaviour

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrinawati, & Norfai, (2014). Hubungan Status Gizi Dengan Kejadian Hiperetensi pada Lansia Di Posyandu Lansia KakakTua di Wilayah Kerja Puskesmas Pelambuan. Fakultas Kesehatan Masyarakat, UNISKA.
Adam, R & Punuh,M, I, Kapantau, N, H . (2015). Jurnal Hubungan Antara Status Gizi Dengan Kejadian Hiprtensi Usia 41-65 Tahun Di Desa Sinuian.
Alfeus M, (2018). Terapi Perilaku Kognitif Pada Pasien Hipertensi. Penerbit Wineka Media
Bustan, M, 2016. Epidemiologi Penyakit Tidak Menular, Jakarta Rineka.
Dinkes Kab Bolaang Mongondow Induk, 2018.
Laporan Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM).
Donsu,J,D, T, (2017). Metodologi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Fitriana, R (2015). Hubungan antara konsumsi makanan dan status gizi dengan kejadian hipertensi pada lansia di posyandu lansia wilayah kerja puskesmas wuluhan kabupaten jember. Universitas Jeber.
Febriani, K & Rachmiani, I (2017). Jurnal Hubungan Status Gizi Dan Insomnia Dengan Kejadian Hipertensi Pada Pria Lanjut Usia Produktif. Universitas Trisakti.
Festi, P, (2018). Buku Ajar Gizi Dan Diet. Surabaya :UMSurabaya Publishing
Kholifa, S, N, (2016). Keperawatan Gerontik, Cetakan pertama
Mardalena, I, (2017). Dasar-Dasar Ilmu Gizi. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Herdiani,N (2016). Hubungan IMT Dengan Hipertensi Pada Lansia Di Kelurahan Gayungan Surabaya. Di unduh tgl 15 juli 2020.
Nursalam, (2013) . Metodologi Penelitian Ilmu keperawatan. Jakarta : salemba medika.
Nugraheni, dkk (2019). Jurnal Hubungan Berat Badan dan Tekanan Darah Pada Lansia. Universitas Sebelas Maret.
Nur, A,Darwin, K, & Fatrha, A,N (2018). Jurnal Gambaran Kualitas Hidup Lansia Dengan Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Sidomulyo Kecamatan Tampan Pekanbaru.Universitas Riu.
Pratiwi, E, & dr. Yekti, M, (2017). Tetap Sehat Saat Lansia- Pencegahan dan penanganan 45 penyakit yang Sering Hinggap Di Usia Lanjut. Yogyakarta : Rapha Publishing.
Padila, (2013). Buku ajar Keperawatan Gerontik. Yogyakarta : Nuha Medika.
Profil Kesehatan Kab/Kota Prov. Sulut Tahun 2017.
Piyanit Churak, dkk (2018). Jurnal factor associated with nutritional status of elderly in ubon ratchathani, Thailand. Instituti of Nutrition, mahidol university, salaya, phutthamonthon, nakhon pathom,Thailand. Di unduh 16 Mei 2020.
Riskesdas, (2018). Kementriaan Kesehatan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Di Unduh 26 januari 2020
Rahayu, dkk (2020). Jurnal Hubungan Obesitas dengan Hipertensi Pada Pra Lansia di Puskesmas Sukamulya Tahun 2019.Universitas Respati Indonesia
Ratnawati, E, (2017). Asuhan keperawatan gerontik. Yogyakarta : Pustaka baru.
Ratnaningrum,Y,S,P,D (2015). Jurnal Hubungan Asupan Serat Dan Status Gizi Dengan Tekanan Darah Pada Wanita Menopause Di Desa Kuwiran Kecamatan Banyudono Kabupaten Bayolali. Universits Muhammadiyah Surakata. Di Unduh 19 Juli 2020.
Setyawati,V, A, V, & Hartini, E, (2018). Buku Ajar DASAR Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta : Deepublish, CV Budi Utama.
Suiraoka, I, (2013). Penyakit Degeneratif . Yogyakarta : Nuha Medika.
Swarjana, I, K, (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan .Yogyakarta :Perpustakaan Nasional.
Sujarweni, ,V, W. (2014). Metode Penelitian Keperawatan. Yogyakarta : Gava Media,
S. A. Deji, (2014). Jurnal Assessment of nutritional status of a group of hypertensive patients attendding tertiary healthcare facilities in nigeria. University Ad0-Ekiti, Nigeria. Di unduh 16 Mei 2020.
Susila & Suyanto (2015). Metodologi penelitian Cross Sectional.Klaten : perpustakaan nasional
Sariyanti N,E, dkk (2020). The relationship between income and nutritional status with the incidence of hypertension in elderly. Di unduh 19 Juli 2020.
Venny R, P, Zaimah Z. T, (2013) . Jurnal Gambaran Status Gizi Pasien Hipertensi Lansia Di RSUP H. Adam Malik Medan.
Yulianti, S & Rokhanawari, D, Yuli I,( 2010). Jurnal Hubungan Status Gizi Dengan Kejadian Hipertensi Pada Wanita Lanjut Usia Di Posyandu Wira Lestari 6 Wirobrajan Yoyakarta
Published
2021-02-28
How to Cite
LANGINGI, Ake Royke Calvin. Hubungan Status Gizi dengan Derajat Hipertensi Pada Lansia Di Desa Tombolango Kecamatan Lolak. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 46-57, feb. 2021. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/70801>. Date accessed: 17 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2021.v09.i01.p07.
Section
Articles