PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP DAYA INGAT ANAK USIA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 UPAI KECAMATAN KOTAMOBAGU UTARA KOTA KOTAMOBAGU

  • Agustin Agustin STIKES Graha Medika Kotamobagu
  • Ake Royke Calvin Langingi

Abstract

Abstrak


Latar belakang : Rendahnya daya ingat siswa sangat mempengaruhi nilai akademik siswa. Terapi senam otak merupakan metode serangkaian latihan berbasis gerakan tubuh sederhana untuk membantu daya ingat siswa.


Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam otak terhadap daya ingat anak usia sekolah di Sekolah Dasar Negeri 1 Upai.


Metode : Penelitian ini menggunakan metode Pre Experimental Design dengan sampel 20 siswa-siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Upai, pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Analisis yang digunakan ialah Univariat dan Bivariat dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test.


Hasil : tingkat kemampuan daya ingat sebelum dan sesudah dilakukan senam otak selama 1 minggu sebanyak 1 kali dengan durasi 20 menit tiap siswa, diperoleh tingkat signifikan p = 0,002 dimana p<a (a=0,05) dengan demikian Ha diterima yang berarti ada pengaruh senam otak terhadap daya ingat anak usia sekolah di Sekolah Dasar Negeri 1 Upai. Senam otak yang dilakukan dengan metode yang benar akan mempengaruhi daya ingat siswa, sehingga diharapkan siswa mampu melaksanakan senam otak dengan benar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, Hidayat. (2015). ‘Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) Untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Tempel’. Laporan Penelitian Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Alfonsus, Yosef. (2016). ‘Pengaruh pemberian senam otak terhadap memori jangka pendek pada mahasiswa’. Tesis Doktor. Universitas Negeri Medan.

Ardian, Eka. (2015). ‘Perbedaan skor memori jangka pendek sebelum dan sesudah diberikan Brain Gym pada siswa Sekolah Dasar Kelas III Di SDN Rumpin 01 Tahun 2015. Skripsi. Stikes Banten Tanggerang Selatan.

Dinie, R. Desiningrum & Yeniar, Idriana. (2018). ‘Model pelatihan senam otak utuk Adiyuswa. Fastindo’. Semarang. Hal. 6.

Diana, Sulis., Mafticha E. dan Adiesti, F. (2016). ‘Senam otak meningkatkan prestasi belajar anak usia prasekolah 4-6 Tahun’. Jurnal Keperawatan. Vol.9., no.3., hal.144.

Eliasa, E. I. (2007). ‘Brain Gym, Brain Games (Mari bermain otak dengan senam otak)’. Makalah Disampaikan dalam Rangka Program Parent Voluntee s Week di SD Budi Mulia Dua. Yogyakarta.

Elisabeth, Demuth. (2005). ‘Brain Gym. pedoman senam otak bagi guru dan peminat’. Yayasan Kinesiologi Indonesia. Sulawesi Utara.

Kristian, A. D. (2012). Efektifitas pelatihan senam otak terhadap peningkatan ingatan jangka pendek pada akhir. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Sananta Dharma.

Lucia, Resti., Andiani. (2019), ‘Pengaruh pelatihan brain gym terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas III Sekolah Dasar’. Skripsi Thesis. Sanata Dharma University.

Luknis , Sabri., S. (2014). ‘Statistik kesehatan’. Rajawali Pers. Jakarta.

Martini, Agus., Fitrianggi, A., & Fahdi, F,. K. (2016). ‘Pengaruh senam otak terhadap perubahan daya ingat (fungsi kognitif) pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Mulia Dharma Khubu Raya. Jurnal ProNers. Diakses : 27 Maret 2020.
http://journal.stikessuakainsan.ac.id/index.php/jksi/article/download/118/86.

Mariyati, L. I. (2017). ‘Usia dan jenis kelamin dengan kesiapan masuk sekolah dasar’. Prosiding Seminar Nasional Psikologi. UGM. Hal.331-334. Diakses pada tanggal 14 juni 2020.
http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/download/6757/5428

Musdalifah, Ririn. (2019). ‘Pemrosesan dan penyimpangan informasi pada otak anak dalam belajar : Short Term and Long Term Memory’. Jurnal Pendidikan Islam. Vol.17., no.2., hal.219. Diakses tanggal 23 Maret 2020
http://ejournal.iainpare.ac.id/index.php/alislah/article/download/1163/654

Nasbahry, Couto & Alizamar. (2016). ‘Psikologi persepsi dan desain informasi’. Medika Akademik. Yogyakarta. Hal.157.

Ni Kadek Diyantini, D. (2015). ‘Hubungan karakteristik dan pepribadian anak dengan kejadian bullying pada siswa kelas V di SD X Di Kabupaten Bandung’. Skripsi. Bali.

Nilla, Sariana., Ahmad, A & Umi, Kusyairy. (2017). ‘Pengaruh penerapan Brain Gym terhadap minat belajar pada mata pelajaran Fisika’. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol.5., no.2. Diakses tanggal 23 Maret 2020
http://journal.uin.alauddin.ac.id/index.php/pendidikanFisika/article//download/3207/4086.

Nimas, Mita., Etika. (2017). Bagaimana ingatan dalam otak. Hallosehat.com. 6 September. Diakses 10 Maret 2020,
https://hidup-sehat/fakta-unik/bagaimana-ingatan-dalam-otak-bisa-terbentuk/

Nussabaum, S., S. (2010). The Effect Of Brain Gym As A General Education Intervention : Improving Academic Performance And Behaviors. Doctoral Dissertation. Northcentral University.

Prasanti, F. D. (2015). ‘Pengaruh brain gym terhadap konsentrasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta tahun ajaran 2014/2015’, skripsi, Univversitas Sebelas Maret Surakarta.

Prasetyo, Wijar & Saputra,. Shandy, A,. (2017). ‘Pengaruh senam otak terhadap daya ingat anak aelas V Sekolah Dasar’. Jurnal Keperawatan. Vol.6., no. 1., hal.36-40. Di akses tanggal 23 2020.
http://jurnal.stikeswilliambooth.ac.id/index.php/Kep/article/view157

Priambodo, Muhammad Gunawan,. (2016). ‘Efektivitas senam otak dalam menurunkan tingkat kejenuhan belajar siswa kelas XI SMAN 11 Yogyakarta’. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling. Vol.5., no.7. Diakses tanggal 23 Maret 2020
http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/download/4065/3718.

Prihastuti, S. U & Sitti, Irene,. Astuti,. dalam ‘Modul senam otak bersama keluarga’. Di akses 10 Maret 2020
http://staffnew.uny.ac.id/upload/13808673/pengabdian/modul+brain+gym+terbaru+edit.pdf

Putri, Andraini,. dkk. (2012). ‘Metode penelitian’. Universitas Terbuka. Tanggerang Selatan.

Putra, Ganda Kurnia. (2018). ‘Pengaruh penggunaan media permainan scrabble terhadap daya ingat kosa kata Bahasa Inggris Siswa SMP’. Tesis Doktor. Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim. Riau.

Rochman, Susilo., N. (2015). ‘Pengaruh latihan senam otak (Brain Gym) terhadap peningkatan kemampuan memori jangka pendek pada anak Tuna Grahita Ringan Di SDLB ABC Swadaya Kendal’. Doctoral dissertation. Universitas Negeri Semarang.

Santrock. (2012). ‘Life Span Development (Perkembangan masa hidup). Jilid1. Erlangga. Jakarta. Diakses pada tanggal 15 juni 2020.
http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/download/6757/5428

Sapurta, Rengga. (2013). ‘Pengaruh senam otak tingkat ercaya diri pada pegawai Dispora Kabupaten Langkat. Skripri

Sari, E. Pratiwi., Willy, Handoko & R, Rahmatania. (2016). ‘Pengaruh senam otak terhadap memori jangka pendek mahasiswa’, Jurnal Vokasi Kesehatan. Vol.2., no.1., hal.1-9. Diakses tanggan 22 Maret 2020.
http://ejournal.poltekkespontianak.ac.id/index.php/JVK/article/download/47/39

S, Diana., F, Adiesty dan E, Mafticha,. (2017). ‘Brain Gym (Stimulasi perkembangan anak PAUD 1)’. CV Kekata Group. Surakarta.

Sereliciouz. (2018). Penasaraan dengan senam otak? kupas tuntas di sini, yuk!, Mei. Diakses 10 Maret 2020.
https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/kupas-tuntas-tentang-senam-otak/

Setiawan, R. A. (2014). ‘Pengaruh senam otak dengan fungsi kognitif lansia dimensia di Panti Wredha Darma Bakti Kasih Surakarta. Diakses pada tanggan 11 Juni 2020.
http://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/download/3207/4086

Soekidjo, Notoatmodjo, et al,. (2012). ‘Promosi kesehatan di sekolah’.Rineka Cipta. Jakarta. Hal. 21-23.

Sonia, Candrikinanti. (2016). ‘Pengaruh pelatihan senam otak terhadap kemampuan matematikan operasi hitung pecahan pada siswa kelas V SD’. Skripsi. Fakultas Psikologi.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta. Indonesia.

Sugiyono. (2015). ‘Metode penelitian dan pengembangan’. Res. Dev. D.

Sugiyono. (2012). ‘Memahami penelitian kualitatif’’. Alfabeta. Indonesi.

Sugiyono. (2017). ‘Metode penenlitian bisnis : Pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi dan R&D’. Alfabeta. Indonesia.

Waston, A. & Kelson, G,. L. (2014). “The effect of brain gym”. On Academic Enggagement For Children With Developmental Disabilities. International Journal Of Special Education. Vol. 29,. no. 2.

Wiguna, Tjhin,. S. & Kaligis F. (2016). ‘Uji Diagnostik Working Memory Rating Scale (WMRS) versi Bahasa Indonesia dan proporsi anak sekolah dasar dengan kesulitan belajar’. Working Memory di Jakarta. Sari Pediatri, Vol.14,. no.3,. hal.191-7.

Zulaini. 2016. ‘Manfaat senam otak. Jurna Kesehatan. Vol.15,. no. 2.
Published
2020-12-29
How to Cite
AGUSTIN, Agustin; LANGINGI, Ake Royke Calvin. PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP DAYA INGAT ANAK USIA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 UPAI KECAMATAN KOTAMOBAGU UTARA KOTA KOTAMOBAGU. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 8, n. 4, p. 394, dec. 2020. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/67858>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2020.v08.i04.p07.
Section
Articles