GAMBARAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DENGAN METODE MENGGAMBAR

  • Siti Munawaroh
  • Andriyani Mustika Nurwijayanti
  • Novi Indrayati

Abstract

Ditemukan beberapa hambatan dalam perkembangan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Mardi Putra Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal. Ada 4 dari 7 anak yang masih dibimbing untuk menggenggam crayon. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah dengan metode menggambar. Metode : Penelitian ini menggunakan desain survey deskritif  dengan menggunakan sampel sebanyak 34 responden. Instrumen penelitian menggunakan bagian dari lembar KPSP.  Analisis data menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar anak berusia 72 bulan yaitu sebanyak (52,9%), dan sebagian kecil berusia 66 bulan sebanyak (47,1%). Jenis kelamin anak sebagian besar laki-laki sebanyak (52,9%), dan perempuan sebanyak (47,1%). Perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah sebagian besar normal sebanyak (88,2%) dan penyimpangan sebanyak (11,8%). Metode menggambar memberi dampak yang signifikan untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia prasekolah.


 


Kata kunci: motorik halus, usia prasekolah, metode menggambar


 


ABSTRACT


Found some obstacles in the development of fine motoric skills of children aged 5-6 years in Mardi Putra Kindergarten Ngampel District Kendal Regency. There were 4 of 7 children who were still guided to hold crayons. The aim of this research was to know the description of fine motoric development in preschool children by drawing method. This research used descriptive design with survey approach conducted on 34 respondents. The research instrument used part of the KPSP sheet. Data analysis using univariate analysis. The result of this study was the age of the children is mostly 72 months old as many as 18 respondents (52.9%), and 66 months(47.1%). Characteristics of respondents by sex are mostly male(52.9%), female gender (47.1%). Fine motoric development in preschool children is mostly normal as many as 30 respondents (88.2%) and deviation of(11.8%). The drawing methode has a  significant impact on improving children’s fine motor development.


 


Keywords: fine motoric, preschool age, drawing method

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriana, D, (2017). Tumbuh Kembang dan Terapy Bermain pada anak.Jakarta: Salemba Medika.
Anggriyani, A. (2014). Peranan Kegiatan Menggambar dalam Meningkatkan Motorik Halus Pada Anak di Kelompok B TK Bungamputi DWP Untad Palu. Jurnal Penelitian. Universitas Tadulako
Aquarisnawati (2011). Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah Ditinjau Dari Bender Gestalt. Jurnal Insan Vol. 13 No. 03, Desember 2011
Fadhilah, Nurul, (2014). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai di Kelompok B Tk KKLKMD Sedyo Rukun Bambanglipuro Bantul. Skripsi.Universitas Negeri Yogyakarta
Hirmaningsih (2010) . Teori-teori Psikologi Perkembangan. Pekanbaru : Psikologi Press
Hurlock, E, (2010), Perkembangan Anak, Jakarta : Erlangga
Indriana, U (2015). Hubungan Antara Kegiatan Menggambar dengan Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Di PAUD Aisyah Desa Karang Peranti Kecamatan Pajarakan Kabubaten Probolinggo. Artikel Ilmiah Mahasiswa 2015, I (1): 1-4
Livana, P. H., Armitasari, D., & Susanti, Y. Pengaruh Stimulasi Motorik Halus Terhadap Tahap Perkembangan Psikososial Anak Usia Pra Sekolah. JURNAL PENDIDIKAN KEPERAWATAN INDONESIA, 4(1), 30-41.
Madiyantiningtias (2015). Hubungan Status Gizi Dengan Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia 3-5 tahun di Puskesmas Miri – Sragen. Skripsi. Stikes Kusuma Husada Surakarta
Riyadi & Sukirman, (2009). Asuhan Keperawatan Pada Anak. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Saleh, M. (2012). Pengaruh Bermain Aktif Terhadap Perkembangan Sosial Dan Motorik Halusanak Usia Pra Sekolah di TK Mawar Kabupaten Gowa. Skripsi. Universitas Islam Negeri Makassar
Soetjiningsih, (2015). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC
Supariasa, (2013). Penilaian Status Gizi. Jakarta : EGC
Wahyuningsri, (2012). Pengembangan Kemampuan Motorik Anak Usia Prasekolah Melalui Aktivitas Bermain Model Skill Play. Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 19, Nomor 2, Desember 2013, hlm. 236-243
Whalley dan Wong (2010). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Ed. 6. Jakarta : EGC.
Yenny (2017). Gambaran Perkembangan Motorik Anak Usia 5-6 Tahun Yang Bermain Games Gadget. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia. 22-24 Agustus 2017, Hotel Grasia, Semarang
Yulindrasari, H. (2011). Current Issues in Early Childood Program Studi PG PAUD UPI
Published
2019-04-22
How to Cite
MUNAWAROH, Siti; NURWIJAYANTI, Andriyani Mustika; INDRAYATI, Novi. GAMBARAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DENGAN METODE MENGGAMBAR. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 51-58, apr. 2019. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/53658>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles