HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL DENGAN PENYALAHGUNAAN ALKOHOL PADA REMAJA LAKI-LAKI DI DESA JIMBARAN

  • I Kadek Agus Mahendra Putra
  • V.M Endang S.P. Rahayu
  • Ni Wayan Suari

Abstract

Masa remaja merupakan masa dimana seorang individu mengalami perubahan emosi, tubuh, dan minat. Beberapa masalah yang ditemukan pada fase perkembangan remaja seperti penyalahgunaan alkohol dan ketergantungan alkohol. Lingkungan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi penyalahgunaan alkohol pada remaja. Lingkungan dibagi menjadi tiga yaitu lingkungan keluarga, sekolah, teman sebaya, dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor lingkungan tempat tinggal dengan penyalahgunaan alkohol pada remaja laki-laki di Desa Jimbaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel terdiri dari 97 remaja laki-laki yang dipilih dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner tentang lingkungan tempat tinggal dan penyalahgunaan alkohol. Hasil lingkungan tempat tinggal pada responden diperoleh sebagian besar lingkungan tempat tinggal responden memiliki resiko sedang dengan frekuensi sebesar 47 responden atau 48,5%. Hasil penyalahgunaan alkohol pada responden bahwa sebagian besar responden masuk dalam kategori bukan penyalahgunaan alcohol sebesar 69 atau 71,1%.  Berdasarkan uji spearman rank diperoleh p value < 0,05 yaitu sebesar 0,000, H0 ditolak sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan tempat tinggal dengan penyalahgunaan alkohol pada remaja laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian di atas disarankan kepada petugas kesehatan mempertimbangkan upaya pendidikan kesehatan tentang dampak penyalahgunaan alkohol terhadap kesehatan sehingga dengan lingkungan tempat tinggal yang berisiko sedang dapat mencegah terjadinya penyalahgunaan alkohol pada remaja laki-laki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Burhan. (2007). Narkoba dan Permasalahannya. Semarang: PT Bengawalan ilmu.

Arista, I. D. (2013). Analisa tugas-tugas Perkembangan Remaja pada Anak TKI Di Desa Jenangan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Universitas Muhammadiyah: Ponorogo.
Karsono, E. (2005). Narkoba Dan Minuman Keras. Jakarta: Gramedia.

Kalara N, Yuliaji Siswanto, dan Puji Pranowowati. (2014). Gambaran Perilaku Konsumsi Alkohol pada Mahasiswa. Katalog Karya Ilmiah Akbid, Akper, Stikes Ngudi Waluyo Ungaran.

Retnowati, S. (2011). Remaja dalam Permasalahannya. Universitas Gajahmada : Yogyakarta. http://www.sofiapsy.staff.ugm.ac.id/files/remaja_dan_permasalahannya.doc. Diakses pada tanggal 01 Agustus 2015.

Sarwono, Sarlito W. (2011). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali.

Subiyantoro dan Pandeirot. (2012). Faktor yang Mempengaruhi Remaja Mengkonsumsi Minuman Beralkohol di RT 07 RW 06 Kelurahan Pacar Kembang Kecamatan Tambak Sari Surabaya. Ejournal STIKES William Booth.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta

Wardhani, Rr Arika Wahyu Febriari. (2010). Hubungan Antara Konsep Diri Remaja Dengan Pemakaian Alkohol Di Smk Sepuluh Nopember Semarang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang.

World Health Organitation. (2009). Alcohol. http://www.who.int/topics/alcohol_drinking/en/. Diakses pada tanggal 09 Oktober 2015.
Published
2017-04-29
How to Cite
PUTRA, I Kadek Agus Mahendra; RAHAYU, V.M Endang S.P.; SUARI, Ni Wayan. HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL DENGAN PENYALAHGUNAAN ALKOHOL PADA REMAJA LAKI-LAKI DI DESA JIMBARAN. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 1-7, apr. 2017. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/41205>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles