GAMBARAN STRES PENGASUHAN ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 DENPASAR

  • Ni Putu Cintya Wulandari Universitas Udayana
  • Kadek Cahya Utami Universitas Udayana
  • Putu Oka Yuli Nurhesti Universitas Udayana
  • Luh Mira Puspita Universitas Udayana

Abstract

Tunagrahita adalah gangguan perilaku dalam menyesuaikan diri dan kemampuan intelektual di bawah rata-rata. Kondisi anak yang tergolong tunagrahita menghadirkan masalah bagi orang tua karena memiliki lebih banyak tugas dan tanggung jawab daripada mengasuh anak tanpa keterbatasan. Masalah pengasuhan jika secara terus-menerus dirasakan dapat menyebabkan stress pengasuhan. Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui gambaran stres pengasuhan orang tua yang memiliki anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Responden penelitian ini terdiri dari 43 orang tua dari anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Denpasar yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar orang tua berjenis kelamin perempuan (55,8%), usia 36-45 tahun (55,8%), dan memiliki tingkat pendidikan SMA/SMK (60,5%). Hasil uji statistik menemukan bahwa mayoritas orang tua berada pada stres pengasuhan sedang yaitu sebanyak 28 orang (65,1%). Kesimpulan pada penelitian ini adalah stres pengasuhan yang dirasakan orang tua dari anak tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Denpasar mayoritas mengalami stres pengasuhan sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, R. P., Abidin, F. A., & Lubis, F. Y. (2022). Stres Pengasuhan, Penilaian Ibu terhadap Covid-19, dan Pengasuhan Suportif. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 15(1), 51–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24156/jikk.2022.15.1.5
Apriliyanti, D., Anugrahni, D., & Agustina, V. (2017). Hubungan Kemampuan Manajemen Stres Dengan Tingkat Stres Pada Orang Tua Anak Tunagrahita di SLBN 1 Palangkaraya. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(2), 43–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/ann.v4i2.1164
Christina, M. N., & Church, H. L. (2019). Impact of Caregiver Burden on Quality of Life for Parents of Adult Children With Autism Spectrum Disorder, 124(2), 145–156. https://doi.org/10.1352/1944-7558-124.2.145
Clauser, P., Ding, Y., Chen, E. C., Cho, S. J., Wang, C., & Hwang, J. (2021). Parenting styles, parenting stress, and behavioral outcomes in children with autism. School Psychology International, 42(1), 33–56. https://doi.org/10.1177/0143034320971675
Desiningrum, R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.
Hidayat, F., Widodo, Y. P., & Apria, G. (2021). Hubungan Tingkat Stres Otang Tua Dengan Mekanisme Koping Orang Tua Yang Memiliki Anak Tunagrahita, 12(2), 74–79. https://doi.org/10.17977/UM031V7I12021P8
Irdamurni. (2018). Memahami Anak berkebutuhan Khusus. Jawa Barat: Goresan Pena.
Kumalasari, D., Gani, I. A. A., & Fourianalistyawati, E. (2022). Adaptation and psychometric properties of the Indonesian version of Parental Stress Scale. Jurnal Psikologi Ulayat, 9(2), 332–353. https://doi.org/10.24854/JPU527
Liu, L., & Wang, M. (2017). Parenting stress and children’s problem behavior in China: The mediating role of parental psychological aggression. Journal of Family Psychology, 29(1), 20–28. https://doi.org/10.1037/fam0000047
Lutfianawati, D., Perwitaningrum, C. Y., & Kurnia, R. T. R. (2019). Stres Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak dengan Retardasi Mental. Jurnal Psikologi Malahayati, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.33024/jpm.v1i1.1411
Mamun, A., & Prameswarie, T. (2018). Hubungan Pola Asuh Keluarga gengan Parenting Stress pada Orangtua Anak Tunagrahita di Yayasan Pembinaan Anak Cacat Palembang. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 7(1), 4–20. https://doi.org/10.32502/sm.v7i1.1395
Marliana, R. S., Prabamurti, P. N., & Handayani, N. (2021). Stres Pengasuhan Ibu dengan Anak Tunagrahita di SLB Negeri Semarang Selama Pandemi COVID-19. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 20(4), 219–228. https://doi.org/10.14710/mkmi.20.4.219-228
Meppelder, M., Hodes, M., Kef, S., & Schuengel, C. (2019). Parenting stress and child behaviour problems among parents with intellectual disabilities: The buffering role of resources. Journal of Intellectual Disability Research, 59(7), 664–677. https://doi.org/10.1111/jir.12170
Nurul, H. (2019). Pendidikan Inklusi dan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Samudra Biru.
Olianda, R. A., & Rizal, G. L. (2020). Hubungan Antara Hardiness Dan Dukungan Sosial Terhadap Stres Pengasuhan Pada Ibu Yang Memiliki Anak Tunagrahita. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(2), 69. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i2.828
Picardi, A., Gigantesco, A., Tarolla, E., Stoppioni, V., Cerbo, R., Cremonte, M., … Nardocci, F. (2018). Clinical Practice & Epidemiology in Parental Burden and its Correlates in Families of Children with Autism Spectrum Disorder : A Multicentre Study with Two Comparison Groups. Clinical Practice & Epidemiology in Mental Health, 14(8), 143–176. https://doi.org/10.2174/1745017901814010143
Pratiwi, S. (2015). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Semarang: Semarang University Press.
Rahayu, Y. D. P., & Ahyani, L. N. (2018). Kecerdasan Emosi Dan Dukungan Keluarga Dengan Penerimaan Diri Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Psikologi Perseptual, 2(1), 29–47. https://doi.org/10.24176/perseptual.v2i1.2220
Published
2025-03-31
How to Cite
WULANDARI, Ni Putu Cintya et al. GAMBARAN STRES PENGASUHAN ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 DENPASAR. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 12, n. 4, p. 407-412, mar. 2025. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/125235>. Date accessed: 15 oct. 2025. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2024.v12.i04.p06.
Section
Articles