ANALISIS STRATEGI PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAM PENINGKATAN KEPUASAN PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP POSTPARTUM DI RSIA AISYIYAH KLATEN

  • Sri Sat Titi Hamranani Universitas Muhammadiyah Klaten
  • Dani Kurniawan Universitas Muhammadiyah Klaten
  • Noor Afy Shovmayanti Universitas Muhammadiyah Klaten
  • Farid Aji Prakosa Universitas Muhammadiyah Klaten

Abstract

Perubahan yang mendadak pada ibu post partum dapat berupa kekecewaan emosional, rasa sakit pada masa nifas awal, kelelahan karena kurang tidur selama persalinan, dan kecemasan akan kemampuannya untuk merawat bayinya, serta rasa takut tidak menarik lagi bagi suaminya. Pada kondisi ini ibu post partum membutuhkan informasi yang cukup dan membutuhkan orang yang mampu menerima keluhannya serta membantu menyelesaikan masalahnya. Komunikasi terapeutik merupakan komunikasi yang direncanakan secara sadar, dimana kegiatannya difokuskan pada kesembuhan pasien. Perawat yang memiliki keterampilan berkomunikasi tidak saja mudah menjalin hubungan rasa percaya dengan pasien, namun juga mencegah terjadinya masalah ilegal, memberikan kepuasan dalam pelayanan keperawatan dan meningkatkan citra profesi keperawatan serta citra rumah sakit. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pelaksanaan komunikasi terapeutik dalam peningkatan kepuasan pelayanan pasien rawat inap postpartum di RSIA Aisyiyah Klaten. Desain penelitian menggunakan mixed methods (kombinasi antara kuantitatif dan kualitatif). Teknik sampling menggunakan accidental sampling dan didapatkan jumlah sampel yaitu 30 pasien. Teknik analisa data menggunakan Spearman Rank. Hasil analisa univariat menunjukkan rerata usia responden 29,63 ± 5,39, pendidikan mayoritas SMA (60 %), dengan status tidak bekerja 73,3%, sebagian besar multipara 66,7% dan cara bersalin sectio caesarea 53,3%. Hasil analisa bivariat menunjukkan pelaksanaan komunikasi terapeutik 83,3% baik dan kepuasan pelayanan keperawatan sebagian besar menyatakan baik 86,6% dengan p-value 0,354. Maka dapat disimpulkan tidak ada hubungan antara komunikasi terapeutik dengan kepuasan pelayanan keperawatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, H. K., Wahidin, & Halim. (2019). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Wotu Kabupaten Luwu Timur. Jurnal Administrasi Negara, 25(2), 123–140.
Anggraeny, J., Marathning, A., & Ivana, T. (2017). Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Pasien Di Ruang Teratai Rsud Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. Jurnal Keperawatan Suaka Insan, 31.
Apriana, R., Kustriyani, M., & Augustin, R. D. (2018). Hubungan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Perawat Pelaksana Rsud R. A. Kartini Jepara. Journal Universitas Widya Husada Semarang, 12, 1–12.
Chabibi, M., Purwanti, E., & Novyriana, E. (2019). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Pre Operasi Di Instalasi Bedah Sentral Rs Pku Muhammadiyah Gombong. The 10th University Research Colloqium 2019 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong, 464–472. Https://Repository.Urecol.Org/Index.Php/Proceeding/Article/View/677/660
Erliana, M., Ahdan, & Mustari, A. M. (2020). Etika Komunikasi Antara Perawat Dengan Pasien Dalam Membangun Komunikasi Efektif Untuk Kesehatan Pasien Di Puskesmas Bangkala Kabupaten Jeneponto. Ilkom Jurnal Ilmiah, 1(1), 6–15. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33096/Respon.V1i1.14
Fitria, N., & Shaluhiyah, Z. (2019). Analisis Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Perawat Di Ruang Rawat Inap Rs Pemerintah Dan Rs Swasta. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 9(2), 183–195.
Julfitry, H., Hasjum, P., Haskas, Y., & Sabil, F. A. (2023). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien. Jimpk : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 3(6), 176–183.
Ladesvita, F., & Khoerunnisa, N. (2017). Dampak Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Warakas Jakarta Utara. Jurnal Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya, 3(1), 5–10.
Nara, M. Y. (2020). Komunikasi Terapeutik Dalam Asuhan Keperawatan Di Ruangan Rawat Inap Kelas Iii Rsud Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang. Jurnal Communio : Jurnal Ilmu Komunikasi, Ix(1), 1489–1506.
Nugroho, A. R. B. P., Azizah, N., & Budiyono, A. (2022). Komunikasi Terapeutik Dalam Pendekatan Mindfulness Based Stress Reduction (Mbsr) Di Rumah Sakit. International Conference On Islamic Guidance And Counseling, 2proceedin(1), 341–359. Https://Vicon.Uin-Suka.Ac.Id/Index.Php/Icigc/Article/View/681
Rochani, S. (2019). Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Perawatan Penyakit Dalam Rumah Sakit Misi Lebak. Jurnal Kesehatan Saelmakers Perdana, 2(1), 43–55.
Sari, Y. N., & Wijaya, L. (2022). Terhadap Pasien Di Ruang Rawat Inap. Babul Ilmi_Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan, 14(2), 130–139.
Sumangkut, C. E., Boham, A., & Marentek, E. A. (2019). Peran Komunikasi Antar Pribadi Perawat Dengan Pasien Gangguan Jiwa Di Rumah Sakit Ratumbuysang Manado. E-Journal Unsrat.
Ulya, A. R., Anggraeni, A., & Pelawi, A. M. P. (2023). Kepuasan Pelayanan Kesehatan Pasien Rawat Jalan Di Poli Umum Puskesmas Bojong Menteng Tahun 2022. Borneo Nursing Journal (Bnj), 5(1), 28–35. Https://Doi.Org/Https://Akperyarsismd.E-Journal.Id/Bnj P-Issn:
Published
2024-05-27
How to Cite
HAMRANANI, Sri Sat Titi et al. ANALISIS STRATEGI PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAM PENINGKATAN KEPUASAN PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP POSTPARTUM DI RSIA AISYIYAH KLATEN. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 186-192, may 2024. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/111824>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2024.v12.i02.p10.
Section
Articles