GAMBARAN PERILAKU BULLYING ANAK USIA 10-15 TAHUN DI DESA GUNAKSA KLUNGKUNG
Abstract
Bullying merupakan perilaku kekerasan yang menyalahgunakan kekuasaan secara terus-menerus kepada seseorang yang dirasa lebih lemah dan tidak berdaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perilaku bullying siswa usia 10-15 tahun di Desa Gunaksa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan survei. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2023. Populasi penelitian ini adalah anak usia 10-15 tahun sebanyak 185 orang menggunakan teknik stratified random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner OBVQ (The Revised Olweus Bully/Victim Quesioner). Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan anak usia 10-15 tahun di Desa Gunaksa termasuk dalam kategori sikap bullying positif sebanyak 141 orang (76,2%). Berdasarkan hal tersebut, diperlukan pengawasan terhadap aktivitas anak dan penanganan kasus bullying oleh pihak terlibat yaitu pihak sekolah, orang tua, maupun tenaga kesehatan.
Downloads
References
Agisyaputri, E., Nadhirah, N. A., & Saripah, I. (2023). Identifikasi fenomena perilaku bullying pada remaja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3, 19–30.
Aminah, A., & Nurdianah, F. (2019). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying Siswa. Jurnal Eksplorasi Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 1–10. http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/JEBK
Bulu, Y., Maemunah, N., & Sulasmini. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Bullying pada Remaja Awal. Nursing News, 4(1), 54–66. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/download/1473/1047
Hasanah, R. (2020). Gambaran Perilaku Bullying Pada Remaja. Gambaran Perilaku Bullying Pada Remaja.
Muhopilah, P., & Tentama, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bullying. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 1(2), 99. https://doi.org/10.26555/jptp.v1i2.15132
Permata, J. T., & Nasution, F. Z. (2022). Perilaku Bullying Terhadap Teman Sebaya Pada Remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 614–620. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.83
Plan International. (2015). Are Schools Safe and Equal Places for Girls and Boys in Asia ? Plan International, February 2015.
Sari, S. R. N., Nauli, F. A., & Utomo, W. (2020). Gambaran Perilaku Cyberbullying Pada Remaja Di Sman 9 Pekanbaru. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 7(2), 16–24. https://doi.org/10.32539/jks.v7i2.15240
Sulistiowati, N. M. D., Wulansari, I. G. A. N. F., Swedarma, K. E., Purnama, A. P., & Kresnayanti, N. P. (2022). Gambaran Perilaku Bullying Dan Perilaku Mencari Bantuan Remaja Smp Di Kota Denpasar. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 5(1), 47–52. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj
Wakhid, A., Andriani, N. S., & Saparwati, M. (2019). Perilaku Bullying Siswa Usia 10-12 Tahun. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 25. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.25-28
Widiharto, C. A. (2022). Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Reduksi Bullying di Sekolah dengan Konsep Karep Suryomentaram. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(2), 1–12. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
World Health Organization. (2020). Global status report on preventing violence against children 2020. In 2020. https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/332394/9789240004191-eng.pdf%0Ahttps://www.who.int/publications-detail-redirect/9789240004191
UNESCO. (2017). School violence and bullying: global status report. In School violence and bullying: global status report. https://doi.org/10.54675/poiv1573

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.