GAMBARAN PERILAKU BULLYING ANAK USIA 10-15 TAHUN DI DESA GUNAKSA KLUNGKUNG

  • Ariani Nur Syawali Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Ni Putu Elvira Francis Wahyuni Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Ni Komang Sri Hastuti Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Ni Made Dian Sulistiowati Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Desak Ayu Diana Diantari Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Bullying merupakan perilaku kekerasan yang menyalahgunakan kekuasaan secara terus-menerus kepada seseorang yang dirasa lebih lemah dan tidak berdaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perilaku bullying siswa usia 10-15 tahun di Desa Gunaksa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan survei. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2023. Populasi penelitian ini adalah anak usia 10-15 tahun sebanyak 185 orang menggunakan teknik stratified random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner OBVQ (The Revised Olweus Bully/Victim Quesioner). Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan anak usia 10-15 tahun di Desa Gunaksa termasuk dalam kategori sikap bullying positif sebanyak 141 orang (76,2%). Berdasarkan hal tersebut, diperlukan pengawasan terhadap aktivitas anak dan penanganan kasus bullying oleh pihak terlibat yaitu pihak sekolah, orang tua, maupun tenaga kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriel, Y., & Indrawati, E. S. (2019). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas Xii Smk Teuku Umar Semarang. Jurnal EMPATI, 8(1), 271–276. https://doi.org/10.14710/empati.2019.23603
Agisyaputri, E., Nadhirah, N. A., & Saripah, I. (2023). Identifikasi fenomena perilaku bullying pada remaja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3, 19–30.
Aminah, A., & Nurdianah, F. (2019). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying Siswa. Jurnal Eksplorasi Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 1–10. http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/JEBK
Bulu, Y., Maemunah, N., & Sulasmini. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Bullying pada Remaja Awal. Nursing News, 4(1), 54–66. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/download/1473/1047
Hasanah, R. (2020). Gambaran Perilaku Bullying Pada Remaja. Gambaran Perilaku Bullying Pada Remaja.
Muhopilah, P., & Tentama, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bullying. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 1(2), 99. https://doi.org/10.26555/jptp.v1i2.15132
Permata, J. T., & Nasution, F. Z. (2022). Perilaku Bullying Terhadap Teman Sebaya Pada Remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 614–620. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.83
Plan International. (2015). Are Schools Safe and Equal Places for Girls and Boys in Asia ? Plan International, February 2015.
Sari, S. R. N., Nauli, F. A., & Utomo, W. (2020). Gambaran Perilaku Cyberbullying Pada Remaja Di Sman 9 Pekanbaru. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 7(2), 16–24. https://doi.org/10.32539/jks.v7i2.15240
Sulistiowati, N. M. D., Wulansari, I. G. A. N. F., Swedarma, K. E., Purnama, A. P., & Kresnayanti, N. P. (2022). Gambaran Perilaku Bullying Dan Perilaku Mencari Bantuan Remaja Smp Di Kota Denpasar. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 5(1), 47–52. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj
Wakhid, A., Andriani, N. S., & Saparwati, M. (2019). Perilaku Bullying Siswa Usia 10-12 Tahun. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 25. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.25-28
Widiharto, C. A. (2022). Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Reduksi Bullying di Sekolah dengan Konsep Karep Suryomentaram. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(2), 1–12. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
World Health Organization. (2020). Global status report on preventing violence against children 2020. In 2020. https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/332394/9789240004191-eng.pdf%0Ahttps://www.who.int/publications-detail-redirect/9789240004191
UNESCO. (2017). School violence and bullying: global status report. In School violence and bullying: global status report. https://doi.org/10.54675/poiv1573
Published
2024-10-21
How to Cite
NUR SYAWALI, Ariani et al. GAMBARAN PERILAKU BULLYING ANAK USIA 10-15 TAHUN DI DESA GUNAKSA KLUNGKUNG. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 12, n. 3, p. 227-233, oct. 2024. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/107597>. Date accessed: 04 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2024.v12.i03.p01.
Section
Articles