HUBUNGAN KECANDUAN MEDIA SOSIAL DENGAN SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS UDAYANA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Kadek Citra Mutiara Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Komang Menik Sri Krisnawati Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Indah Mei Rahajeng Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi, sosial media mengalami perkembangan signifikan sebagai media komunikasi yang multifungsi. Fitur-fitur yang menarik dan kemudahan penggunaannya memberikan efek menyenangkan sehingga digunakan secara terus-menerus oleh mahasiswa sehingga dapat menimbulkan kecanduan media sosial terutama pada masa pembelajaran jarak jauh. Kecanduan media sosial dapat berdampak pada self-regulated learning (SRL) mahasiswa atau proses pengaturan dalam belajar sehingga dapat berpengaruh pada hasil akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecanduan media sosial dengan self-regulated learning pada mahasiswa Keperawatan Universitas Udayana selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemi COVID-19. Rancangan penelitian ini menggunakan deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Keperawatan Universitas Udayana yang dipilih menggunakan probability sampling dengan teknik proporsionate stratified random sampling (n=170). Variabel independen penelitian ini adalah kecanduan media sosial, sedangkan variabel dependen adalah self-regulated learning. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner Kecanduan Media Sosial yang sudah dimodifikasi oleh Sugianto (2017) yang diadaptasi dari Internet Addiction Test milik Young (1998) dan kuesioner Self-Regulated Learning oleh Putri (2017) yang diadaptasi dari skala SRL milik Wolters (2003). Hasil uji menggunakan korelasi Spearman rank (?<0,05) didapatkan nilai p 0,000<0,05 yang berarti terdapat hubungan bermakna antara kecanduan media sosial dengan self-regulated learning. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kecanduan media sosial dengan SRL pada mahasiswa Keperawatan Universitas Udayana selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemi COVID-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, A. E., & Sulistyorini, S. (2022). Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(1), 63–70.https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6442
Anggreani, N. (2018a). Hubungan Stres Akademik dan Self-Regulated Learning Dengan Kecanduan Jejaring Sosial. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 158–159. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/4553
Anggreani, N. (2018b). Hubungan Stres Akademik dan Self-Regulated Learning Dengan Kecanduan Jejaring Sosial. Psikoborneo:
Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 158–159. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/4553
Annisa, A. S. A. N., Yuliadi, I., & Nugroho, D. (2020). Hubungan Tingkat Kepercayaan Diri Dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Whatsapp Pada Mahasiswa Kedokteran 2018. Wacana, 12(1), 86–109. http://jurnalwacana.psikologi.fk.uns.ac.id/index.php/wacana/article/view/170
Anshori, M. H., Sulistiani, I. R., & Mustafida, F. (2019). HUBUNGAN SELF-EFFICACY DAN ADIKSI MEDIA SOSIAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 4(5), 93–99. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/3088
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008
Arimbawa, B. G. A. (2020). Analisa Kecanduan Media Sosial Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 2(1), 109–126.
Cahyono, A. S. (2016). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DI INDONESIA. Jurnal PUBLICIANA, 9(1), 140–157. https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/79
Calista, A. B., & Anganthi, N. R. N. (2021). Regulasi Diri dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram pada Remaja. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/93076
Chen, B., Liu, F., Ding, S., Ying, X., Wang, L., & Wen, Y. (2017). Gender differences in factors associated with smartphone addiction: A cross-sectional study among medical college students. BMC Psychiatry, 17(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12888-017-1503-z
Fasikhah, S. S., & Fatimah, S. (2013). SELF-REGULATED LEARNING (SRL) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 01(01), 145–155. https://doi.org/10.4135/9781412964012.n19
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Gómez-Galán, J., Martínez-López, J. Á., Lázaro-Pérez, C., & Sánchez-Serrano, J. L. S. (2020). Social Networks Consumption and Addiction in College Students during the COVID-19 Pandemic: Educational Approach to Responsible Use. Sustainability 2020, Vol. 12, Page 7737, 12(18), 7737. https://doi.org/10.3390/SU12187737
Hadi, L. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemik Covid-19 Student Perceptions of Online Learning During Covid-19 Pandemic. Jurnal Zarah, 8(2), 56–61.
Hartinah, S., Sriati, A., & Kosasih, C. E. (2019a). Gambaran Tingkat Gejala Kecanduan Media Sosial pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Padjadjaran. Jurnal Keperawatan BSI, 7(1). https://doi.org/10.31311/JK.V7I1.4769
Hartinah, S., Sriati, A., & Kosasih, C. E. (2019b). Gambaran Tingkat Gejala Kecanduan Media Sosial pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Padjadjaran. Jurnal Keperawatan BSI, 7(1). https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jk/article/view/4769
Hendrika, D. S. (2022). Gambaran Self-Regulated Learning Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19 Dhea. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 68–74. https://doi.org/E-ISSN (2829-6222) P-ISSN (2829-8004)
Hunta, W., Herlina, S., Firmansyah, M., Kedokteran, F., Islam, U., Akademik, M., Ujian, K. S., Akademik, P., Firmansyah, M., Timur, J., Hunta, W., Herlina, S., & Firmansyah, M. (2019). ANALISIS FAKTOR PENGARUH SELF REGULATED LEARNING ANALYSIS FACTOR OF SELF REGULATED LEARNING RELATED TO ACADEMIC MOTIVATION AND TEST ANXIETY TOWARD STUDENTS ’. Islamic Health Journal, 8(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33474/jki.v8i1.8868
Jawandi, A., Putro, E. A., & Utami, F. P. (2020). KEEFEKTIFAN TEKNIK SELF INSTRUCTION UNTUK MEREDUKSI PERILAKU KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS SLAMET RIYADI SURAKARTA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Borneo, 2(2), 23–28. http://180.250.193.171/index.php/jbkb/article/view/1759
Kuss, D. J., & Griffiths, M. D. (2011). Online Social Networking and Addiction—A Review of the Psychological Literature. International Journal of Environmental Research and Public Health 2011, Vol. 8, Pages 3528-3552, 8(9), 3528–3552. https://doi.org/10.3390/IJERPH8093528
Kusuma, D. A. (2020). Dampak Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 169. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504
Lestari, M., Wiyono, J., & Rosdiana, Y. (2016). HUBUNGAN PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL FACEBOOK DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN ANGKATAN 2012. Nursing News : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 1(2). https://doi.org/10.33366/NN.V1I2.427
Lisum, K., & Sianturi, S. R. (2020). Nursing Students’ Perception of Their Learning Style. Jurnal Keperawatan, 11(2), 135–142. https://doi.org/10.22219/jk.v11i2.12478
Meilisa, O. D., Sari, H., & Kasih, L. C. (2021). Hubungan Self Regulated Learning Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Keperawatan Masa Pandemi. JIM FKep, 5(2), 38–46.
Nurhayati, H. (2021). Social media in Indonesia - statistics & facts | Statista. https://www.statista.com/topics/8306/social-media-in-indonesia/
Pekpazar, A., Kaya Aydın, G., Aydın, U., Beyhan, H., & Arı, E. (2021). Role of Instagram Addiction on Academic Performance among Turkish University Students: Mediating Effect of Procrastination. Computers and Education Open, 2, 100049. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2021.100049
Prakash, S., Yadav, J. S., & Singh, T. B. (2020). An online cross-sectional study to assess the prevalence of Internet Addiction among people staying at their home during Lockdown due to COVID-19. International Journal of Indian Psychology, 8(3), 424–432. https://doi.org/10.25215/0803.052
Putri, M. R. E. (2017). Hubungan antara self-regulated learning dan stres akademik pada mahasiswa. Universitas Sanata Dharma.
Ratulangi, A. G., Kairupan, B. H. R., & Dundu, A. E. (2021). Adiksi Internet Sebagai Salah Satu Dampak Negatif Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Biomedik : Jbm, 13(3), 251–258. https://doi.org/10.35790/jbm.13.3.2021.31957
Risalah, A., Ibad, W., Maghfiroh, L., Azza, M. I., Cahyani, S. A., & Ulfayati, Z. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School JIEES, 1(1), 10–16.
Sifa, I. A. M., & Sawitri, D. R. (2018). Hubungan Regulasi Diri Dengan Adiksi Media Sosial Instagram Pada Siswa Smk Jayawisata Semarang. Empati, 7(2), 294–301.
Sugianto, I. C. (2017). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Dampak Penggunaan Media Sosial Oleh Remaja Di SMAN Kota Pasuruan. Universitas Airlangga.
Tarigan, J. M., Soesilo, T. D., & Irawan, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial (Instagram) Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 3(2), 81. https://doi.org/10.31100/jurkam.v3i2.372
Tryastuti, D., & Nurvadillah, S. (2022). Korelasi Kecanduan Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. REAL in Nursing Journal (RNJ), 5(1), 48–55. https://ojs.fdk.ac.id/index.php/Nursing/index
Turmuzi, M., Dasing, A. S. H., Baidowi, B., & Junaidi, J. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Secara Online (E-learning) Selama Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 900–910. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/482
Wijaya, C., Siregar, N. I., & Hidayat. (2020). Hubungan antara Self Efficacy dengan Self Regulated Learning pada Mahasiswa yang Bekerja di Universitas Medan Area Correlation between Self Efficacy with Self Regulated Learning on Working Students in University Medan Area. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 12(1), 83–91.
Wolters, C. A., Pintrich, P. R., & Karabenick, S. A. (2003). Assessing Academic Self-Regulated Learning. Prepared for the Conference on Indicators of Positive Development, 2003(April), 251–270. https://doi.org/10.1007/0-387-23823-9_16
Wulandari, R., & Netrawati, N. (2020). Analisis tingkat kecanduan media sosial pada remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 5(2), 41–46.
Zimmerman, B. J. (1989). A Social Cognitive View of Self-Regulated Academic Learning. Journal of Educational Psychology, 81(3), 329–339. https://doi.org/10.1037/0022-0663.81.3.329
Published
2024-12-17
How to Cite
MUTIARA, Kadek Citra; KRISNAWATI, Komang Menik Sri; RAHAJENG, Indah Mei. HUBUNGAN KECANDUAN MEDIA SOSIAL DENGAN SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS UDAYANA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 12, n. 3, p. 328-337, dec. 2024. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/105544>. Date accessed: 04 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2024.v12.i03.p13.
Section
Articles