STUDI DESKRIPTIF: PERILAKU DIGITAL PARENTING TENTANG PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA SEKOLAH

  • Puji Lestari Universitas Ngudi Waluyo
  • Mona Saparwati Universitas Ngudi Waluyo
  • Umi Aniroh Universitas Ngudi Waluyo

Abstract

Kehadiran perkembangan gadget memberikan dampak positif bagi anak, di antaranya memberikan kemudahan dalam berkomunikasi, menggali informasi hingga hiburan, namun di berbagai situasi hadirnya perkembangan teknologi justru memberikan dampak negatif bagi anak, salah satunya ketergantungan atau kecanduan. Anak yang kecanduan menjadi lebih emosional, membentuk karakter pemberontak karena keinginan tidak ingin diganggu pada saat bermain gadget, menjadi pemalas, dan malas belajar. Orang tua memiliki kewajiban untuk mengontrol dan mengawasi setiap bentuk informasi yang diterima oleh anak melalui gadget. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku digital parenting tentang penggunaan gadget pada anak usia sekolah Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 97 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Data disajikan secara deskriptif untuk menggambarkan distribusi frekuensi perilaku digital parenting tentang penggunaan gadget pada anak usia sekolah dasar di Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukkan perilaku digital parenting sebagian besar kategori cukup (68,0%). Diharapkan orang tua lebih meningkatkan lagi perilaku digital parenting tentang penggunaan gadget untuk mencegah dan mengendalikan terjadinya kecanduan gadget pada anak usia sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdu, S., Saranga’, J. L., Sulu, V., & Wahyuni, R. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Penurunan Ketajaman Penglihatan. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(1), 24–30. https://doi.org/10.52774/jkfn.v4i1.59
Agusta, D. (2016). Faktor-Faktor resiko kecanduan menggunakan smartphone pada Siswa di SMK Negeri 1 Kalasan Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(3), 86–96. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/view/1021
Anggraini, E. (2019). Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak. Jakarta: Serayu Publishing.
Ariston, Y., & Frahasini, F. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 1(2), 86. https://doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1675
Lestari, D. (2019). Penggunaan Media Sosial dalam Interaksi Sosial Kegiatan Akademik Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Nurhidayah, I., Ramadhan, J. G., Amira, I., & Lukman, M. (2021). Peran Orangtua Dalam Pencegahan Terhadap Kejadian Adiksi Gadget Pada Anak: Literatur Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(9), 12. Retrieved from https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Prasanti, D. (2016). Perubahan Media Komunikasi Dalam Pola Komunikasi Keluarga Di Era Digital. Jurnal Commed, 1(1), 69–81.
Pratikno, A. S., & Sumantri, S. (2020). Digital Parenting: Bagaimana Mencegah Kecanduan Gadget Pada Anak. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 107–123. https://doi.org/10.36835/au.v2i1.301
Rakhmawati, D., & Wahyu Lestari, F. (2020). Sosialisasi Bahaya Kecanduan Gadget. Altruis: Journal of Community Services, 1(3), 159–164.
Santrock. (2013). Life span development : Perkembangan masa hidup. Jakarta: Erlangga.
Sari, I. P., Wardhani, R. W. K., & Amal, A. S. (2020). Peran Orang Tua Mencegah Dampak Negatif Gadget Melalui Pendekatakan Komunikasi dan Psikologi. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(2), 267–289. https://doi.org/10.18326/ijip.v2i2.267-289
Stevanus, I., & Anindyta, P. (2022). Peran Digital Parenting terhadap Penggunaan Gawai Anak SD. Publikasi Pendidikan, 12(1), 7–16. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/25494
Suherman, R. N. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Tingkat Kecanduan Gadget pada Anak Prasekolah. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya.
Susilo, B. (2019). Dampak Positif Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Tumbuh Kembang Anak. Sindimas, 1(2), 139–143.
Ulfah, M. (2020). Digital Parenting. Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak dari Bahaya Digital?. Tasikmalaya: Adu Publisher.
Published
2023-11-30
How to Cite
LESTARI, Puji; SAPARWATI, Mona; ANIROH, Umi. STUDI DESKRIPTIF: PERILAKU DIGITAL PARENTING TENTANG PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA SEKOLAH. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 11, n. 5, p. 475-480, nov. 2023. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/103685>. Date accessed: 22 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2023.v11.i05.p13.
Section
Articles