PERILAKU HARIAN BURUNG JALAK BALI (Leucopsar rothschildi) PERIODE BREEDING PADA RELUNG YANG BERBEDA DI BALI BIRD PARK, GIANYAR, BALI

  • I Komang Andika Putra
  • Ni Luh Watiniasih
  • I Nengah Nuyana

Abstract

Penelitian mengenai perilaku harian burung jalak bali (Leucopsar rothschildi) periode pada relung yang berbeda telah dilakukan di Bali Bird Park, Gianyar, Bali.  Penelitian dilakukan dari 20 November – 28 Desember 2012.  Penelitian pendahuluan dilakukan untuk membiasakan burung yang digunakan sebagai obyek penelitian terhadap peneliti (habituasi).  Data dikoleksi dengan metode Ad libitum dan Instantaneous Scan Sampling.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku bertengger dan preening lebih banyak dilakukan oleh burung di relung I (berturut turut: 43% dan 19%) dibandingkan dengan burung di relung II (berturut-turut: 28% dan 17%). Sebaliknya perilaku bergerak (37%) dan agonistik (6%) lebih banyak dilakukan oleh burung di relung II dibandingkan dengan burung di relung I yaitu 24% untuk bergerak dan 0,4% agonistik. Perilaku ingestif dan reproduksi hampir sama dikedua relung, demikian jga dengan perilaku defikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Komang Andika Putra
1Jurusan Biologi Fakultas MIPA, Universitas Udayana Kampus Bukit Jimbaran, Bali
Ni Luh Watiniasih
1Jurusan Biologi Fakultas MIPA, Universitas Udayana Kampus Bukit Jimbaran, Bali
I Nengah Nuyana
2Bali Bird Park, Gianyar, Bali
Published
2014-07-01
How to Cite
PUTRA, I Komang Andika; WATINIASIH, Ni Luh; NUYANA, I Nengah. PERILAKU HARIAN BURUNG JALAK BALI (Leucopsar rothschildi) PERIODE BREEDING PADA RELUNG YANG BERBEDA DI BALI BIRD PARK, GIANYAR, BALI. Jurnal Biologi Udayana, [S.l.], v. 18, n. 1, july 2014. ISSN 2599-2856. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/bio/article/view/12087>. Date accessed: 24 apr. 2024.

Keywords

perilaku harian, Jalak Bali, Leucopsar rothschildi, relung

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>