STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA BERBASIS ANALISIS SWOT DI UNIT USAHA AGRO MANDIRI

  • Suwardhana Adyaksa Anak Agung Putra Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana, Badung, Bali, Indonesia.
  • I.G.N. Apriadi Aviantara Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana, Badung, Bali, Indonesia.
  • I Wayan Widia Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana, Badung, Bali, Indonesia.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kondisi internal dan eksternal untuk mengembangkan dan merekomendasikan strategi pengembangan bisnis di Agro Mandiri. Penelitian ini dilakukan di Agro Mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dan wawancara mendalam menggunakan bantuan kuesioner. Data hasil survei dan wawancara dianalisis untuk memperoleh rumusan strategi menggunakan analisis Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threaths (SWOT). Penilaian bobot dan penilaian dilakukan oleh 5 ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 3 kekuatan, 6 kelemahan, 4 peluang, dan 3 ancaman. Hasil penilaian bobot dan peringkat adalah 3,65 untuk Evaluasi Faktor Internal (IFE) dan 3,29 untuk Evaluasi Faktor Eksternal (EFE). Nilai ini menunjukkan posisi yang kuat dalam matriks Internal Eksternal (IE) dengan strategi yang harus dilakukan adalah strategi intensif dan integratif. Berdasarkan matriks analisis SWOT, ada 4 strategi alternatif dengan 7 program yang akan digunakan untuk mengembangkan agrowisata Agro Mandiri.


The aims of this research was analyze the internal and external conditions to develop and recommend business development strategies on Agro Mandiri. This research was conducted in Agro Mandiri. The method used in this research was survey and in-depth interviews using a questionaire assistance. The data of resulting from survey and interviews were analyzed to obtain the formulation of strategies using Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threaths (SWOT) analysis. Assessment weighting and rating done by 5 experts. The results showed that there were 3 strengths, 6 weaknesses, 4 opportunities, and 3 threats. The results of the weighting and rating assessment were 3,65 for Internal Factor Evaluation (IFE) and 3,29 for External Factor Evaluation (EFE). This value indicates a strong position in the matrix Internal External (IE) with the strategy that should be done were intensive and integrative strategies. Based on the SWOT analysis matrix, there were 4 alternative strategies with 7 programs that will be used to agrotourism develop Agro Mandiri

Downloads

Download data is not yet available.

References

David, F. R. 2002. Manajemen Strategis : Konsep. Sindoro A, penerjemah, Jakarta, PT Ikrar Mandiri, Terjemahan dari :Concepts of Strategic Management.

Purnomo, Febriano Setyawan Nur. 2008. Strategi Pengembangan Agribisnis Stroberi di Kabupaten Purbalingga. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Rangkuti, F. 2005. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sari, K., K. 2013. Strategi Pengembangan Usaha Produksi Sabun Lemak Kakao pada Skala Usaha Rumah Tangga. Skripsi tidak dipublikasikan, Jurusan TIP, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana.

Singarimbun dan Effendi . 1995. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2015-08-01
How to Cite
ANAK AGUNG PUTRA, Suwardhana Adyaksa; AVIANTARA, I.G.N. Apriadi; WIDIA, I Wayan. STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA BERBASIS ANALISIS SWOT DI UNIT USAHA AGRO MANDIRI. Jurnal BETA (Biosistem dan Teknik Pertanian), [S.l.], v. 3, n. 2, aug. 2015. ISSN 2502-3012. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/beta/article/view/17310>. Date accessed: 22 nov. 2024.
Section
Articles

Keywords

Agrotourism development strategy, matrix IE, SWOT analysis

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>