IMPLEMENTATION OF THE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) METHOD FOR THE EVALUATION OF BEEF SUPPLIERS (CASE STUDY : NOMINOMI DELIGHT RESTAURANT, JAKARTA)
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan suatu metode penilaian kinerja untuk mendapatkan urutan prioritas dari empat pemasok daging sapi restoran berdasarkan bobot dari kriteria pemilihan dan dengan memperlihatkan indikator dari setiap kriteria, menggunakan Vendor Performa Index dan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Ada tujuh kriteria utama untuk menilai kinerja pemasok, yaitu quality, cost, delivery, flexibility, responsiveness, solutive, dan relationship yang kemudia dijabarkan menjadi tiga puluh delapan sub kriteria atau indikator. Dengan metode AHP diperoleh bobot dari ketujuh kriteria dengan urutan quality (0,371), cost (0,256), delivery (0,101), solutive (0,078), flexibility (0,070), responsiveness (0,069), dan relationship (0,055). Adapun hasil pemilihan pemasok berdasarkan metode AHP diperoleh bobot dengan urutan prioritas pemasok yaitu PT Sukanda Djaya (0,377). PT Indoguna Utama (0,349). Santosa Agrindo (0,146), dan Amino Meat (0,128).