STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PUPUK ORGANIK PADA UD DARMA PURI FARM DI DESA TANGKAS, KECAMATAN KLUNGKUNG, KABUPATEN KLUNGKUNG

  • Ni Made Yuni Erawati Program Studi Magister Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • I Ketut Suamba Program Studi Magister Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • Ni Wayan Sri Astiti Program Studi Magister Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Bisnis pupuk adalah salah satu bisnis di bidang pertanian yang layak untuk dikembangkan. Ini bisa dilihat dari tingginya permintaan pupuk organik untuk membuat pebisnis. Sekilas peluang bisnis yang menjanjikan. Keberhasilan bisnis pupuk organik dipengaruhi oleh pengembangan strategi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan alternatif strategis dan prioritas strategis. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel lingkungan internal dan variabel lingkungan. Metode pengumpulan yang digunakan adalah wawancara, observasi lapangan, kuesioner, dokumentasi dan data FGD (Focus Group Discussion). Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis SWOT dan Analisis QSPM Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada empat strategi alternatif dalam urutan prioritas, yaitu (1). Berusaha menjaga dan meningkatkan kualitas pupuk organik. (2) Pertahankan mitra lama dan jelajahi kemitraan baru. (3) Perbaiki strategi promosi dengan memanfaatkan teknologi informasi yang semakin maju. (4) Perluas pangsa pasar. Strategi prioritas yang tepat untuk pemasaran pupuk organik di UD Darma Puri Farn adalah memperluas pangsa pasar yang merupakan pilihan pertama di antara empat strategi lainnya. Beberapa hal yang dapat disarankan dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1). Dengan memanfaatkan media dan strategi pemasaran online yang baik, diharapkan dapat meningkatkan penjualan tanpa batasan ruang dan waktu. Selain itu, peningkatan SEO (Search Engine Optimization) juga diperlukan untuk memudahkan pelanggan dunia maya untuk menemukan produk pupuk organik yang akan dipasarkan. (2) Agar bisnis dapat berkembang, yang harus dilakukan adalah meningkatkan sarana produksi, efisiensi, dan produktivitas melalui sistem kerja yang bertujuan untuk meningkatkan proses produksi, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam angkatan kerja melalui pendidikan. dan pelatihan. (3) Untuk mengembangkan bisnis, diperlukan dukungan dari semua elemen, tidak hanya dari sisi internal pelaku bisnis tetapi juga peran pemerintah dalam mendukung pengembangan bisnis. Diharapkan bahwa pemerintah dapat memberikan dukungannya dengan memberikan pendidikan kewirausahaan kepada pelaku bisnis melalui bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil untuk menjadi bisnis yang tangguh dan mandiri, serta memberikan bantuan modal bisnis untuk meningkatkan keinginan para pelaku bisnis untuk meningkatkan mengembangkan bisnisnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-31
How to Cite
YUNI ERAWATI, Ni Made; SUAMBA, I Ketut; SRI ASTITI, Ni Wayan. STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PUPUK ORGANIK PADA UD DARMA PURI FARM DI DESA TANGKAS, KECAMATAN KLUNGKUNG, KABUPATEN KLUNGKUNG. JURNAL MANAJEMEN AGRIBISNIS (Journal Of Agribusiness Management), [S.l.], v. 6, n. 2, p. 69-82, dec. 2018. ISSN 2684-7728. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/45162>. Date accessed: 16 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JMA.2018.v06.i02.p10.
Section
Articles