FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN PEGAWAI MENGENAI KESELAMATAN PASIEN PADA PUSKESMAS RAWAT INAP KOTA DENPASAR

  • Ni Nyoman Intan Widya Sari
  • Putu Ayu Indrayathi

Abstract

ABSTRAK
Keselamatan pasien merupakan suatu sistem yang membuat asuhan pasien menjadi lebih aman. Dengan adanya pandemi COVID-19, membuat fasilitas pelayanan kesehatan memiliki tantangan dalam memastikan dan meningkatkan keselamatan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat pengetahuan pegawai puskesmas mengenai keselamatan pasien pada puskesmas rawat inap di Kota Denpasar. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan rancangan cross-sectional study. Sampel dari penelitian ini yaitu seluruh pegawai puskesmas medis dan non medis yang bekerja di puskesmas rawat inap Kota Denpasar yaitu 124 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Hasil univariat dengan menggunakan uji beda proporsi menunjukkan karakteristik pegawai di puskesmas tidak terdapat perbedaan yang bermakna. Hasil bivariat dengan menggunakan Simple Logistic Regression menunjukkan tidak ada hubungan antara variabel umur, jenis kelamin, pengalaman kerja, tingkat pendidikan, pelatihan terhadap tingkat pengetahuan. Hasil multivariat menggunakan Binary Logistic Regression menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan bermakna (Ho diterima). Memberikan pelatihan kepada pegawai puskesmas, mengevaluasi mutu pelayanan, mengembangkan standar kinerja, membentuk tim keselamatan pasien dan mengoptimalkan perannya dan memperbaiki sistem pencatatan, pelaporan serta penyimpanan data.
Kata kunci: Pengetahuan, Keselamatan pasien, Puskesmas, Pegawai, Puskesmas Rawat Inap

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-16
How to Cite
WIDYA SARI, Ni Nyoman Intan; INDRAYATHI, Putu Ayu. FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN PEGAWAI MENGENAI KESELAMATAN PASIEN PADA PUSKESMAS RAWAT INAP KOTA DENPASAR. ARCHIVE OF COMMUNITY HEALTH, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 588 - 602, jan. 2022. ISSN 2527-3620. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/ach/article/view/82510>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/ACH.2021.v08.i03.p15.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)