PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, MODAL KERJA DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN BARANG KONSUMSI DI BEI

Universitas Udayana

  • I G A Komang Trisnayanti FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA
  • Ni Luh Putu Wiagustini Universitas Udayana

Abstract

Tata kelola keuangan harus bisa diolah dengan baik oleh perusahaan agar dapat menjamin keberlangsungan usaha perusahaan dengan cara memaksimalkan keuntungan yang diperoleh melalui peningkatan profitabilitas perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh leverage, liquidity, modal kerja dan pertumbuhan terhadap profitabilitas. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, periode tahun 2015-2017, Penengambilan sampel dilakukan dengan sensus. sebanyak 24 perusahaan, yang diobservasi selama periode penelitian.  Teknik analisis regresi linier berganda digunakan sebagai alat analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage, liquidity, dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh secara positif terhadap profitabilitas. Sedangkan modal kerja tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, sehingga disarankan bagi manajemen perusahaan untuk memperhatikan faktor modal kerja perusahaan dan memperhatikan tingginya biaya operasional dan beban–beban yaitu (beban penjualan dan beban administrasi umum) yang harus dibayar oleh perusahaan agar tidak mengurangi profitabilitas yang diperoleh perusahaan.


Kata kunci : Leverage, Liquidity, Modal  Kerja, Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-24
How to Cite
TRISNAYANTI, I G A Komang; WIAGUSTINI, Ni Luh Putu. PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS, MODAL KERJA DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN BARANG KONSUMSI DI BEI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 6, p. 1131 - 1150, june 2022. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/EJMUNUD.2022.v11.i06.p04>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i06.p04.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)