PENGARUH SIKAP TERHADAP NIAT BELI PRODUK DI MEDIASI OLEH PENGETAHUAN LINGKUNGAN DAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN (Study Kasus The Body Shop Yogyakarta)

  • Rizkiya Mega Indriyani Sarjanawiata Tamansiswa Yogyakarta
  • Susanto Susanto Sarjanawiata Tamansiswa Yogyakarta
  • Nonik Kusuma Ningrum Sarjanawiata Tamansiswa Yogyakarta

Abstract

Perubahan  iklim global menimbulkan kerusakan mendasar bagi lingkungan karena eksploitasi manusia yang berlebihan dan tidak diimbangi dengan pemeliharaan lingkungan. Masalah ini sangat komplek dan serius terhadap kerusakan lingkungan salah satu penyebabnya adalah produksi yang tidak  ramah lingkungan. Penilitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sikap dan niat beli produk yang dimediasi oleh pengetahuan lingkungan dan kepedulian lingkungan. Penelitian ini menggunakan produk The Body Shop yang dilakukan di Yogyakarta. Penelitian dengan 140 responden dengan metode purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap berpengaruh positif dan signifikan  terhadap pengetahuan lingkungan, sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepedulian lingkungan,sikap berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap niat beli, pengetahuan lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, kepedulian lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, pengetahuan lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap dan niat beli, kepedulian lingkungan secara positif dan signifikan memediasi sikap dan niat beli. kepedulian lingkungan dan pengetahuan lingkungan mampu memediasi sikap dan niat beli pada produk The Body Shop di Kota Yogyakarta.


Kata kunci : Kepedulian Lingkungan, Niat Beli, Sikap, Pengetahuan Lingkungan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-04
How to Cite
INDRIYANI, Rizkiya Mega; SUSANTO, Susanto; NINGRUM, Nonik Kusuma. PENGARUH SIKAP TERHADAP NIAT BELI PRODUK DI MEDIASI OLEH PENGETAHUAN LINGKUNGAN DAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN (Study Kasus The Body Shop Yogyakarta). E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 10, n. 10, p. 1030 - 1050, oct. 2021. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/74180>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i10.p05.
Section
Articles