PENGARUH EMPOWERING LEADERSHIP TERHADAP KREATIVITAS PENGERAJIN KERAMIK YANG DIMEDIASI OLEH EFIKASI DIRI KREATIF CV. TANTERI

  • I Gusti Agung Gde Agung Prayoga Universitas Udayana
  • AA Sagung Kartika Dewi Universitas Udayana

Abstract

Kreativitas adalah sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seorang individu dalam hal menghasilkan sebuah ide baru serta menghasilkan sebuah solusi kreatif untuk masalah yang sedang dihadapi oleh suatu organisasi. Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh empowering leadership terhadap kreativitas yang dimediasi oleh efikasi diri kreatif. Penelitian ini dilakukan di CV. TANTERI (Ceramic Exporter) dengan jumlah sampel sebanyak 52 orang pengerajin keramik, menggunakan metode sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara serta penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Jalur dan Uji Sobel. Hasil penelitian menunjukan bahwa empowering leadership memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas, empowering leadership dan efikasi diri kreatif masing – masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas serta efikasi diri kreatif memediasi pengaruh empowering leadership terhadap kreativitas. Penelitian ini juga memberikan pemahaman bahwa empowering leadership dan efikasi diri kreatif secara nyata dapat mempengaruhi kreativitas, ketika seseorang yang merasakan empowering leadership yang tinggi secara langsung memunculkan efikasi diri kreatif seseorang. Seseorang yang memiliki efikasi diri kreatif tinggi mampu menciptakan peluang untuk produk atau proses baru, sehingga kreativitas dalam diri seseorang akan meningkat.


Kata kunci: Kreativitas, Empowering Leadership, Efikasi Diri Kreatif

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-23
How to Cite
AGUNG PRAYOGA, I Gusti Agung Gde; DEWI, AA Sagung Kartika. PENGARUH EMPOWERING LEADERSHIP TERHADAP KREATIVITAS PENGERAJIN KERAMIK YANG DIMEDIASI OLEH EFIKASI DIRI KREATIF CV. TANTERI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 10, n. 12, p. 1263 - 1284, dec. 2021. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/71496>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i12.p01.
Section
Articles