PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PERENCANAAN KEUANGAN DAN PENDAPATAN TERHADAP KESEJAHTERAAN KEUANGAN GURU PEREMPUAN DI KOTA DENPASAR

  • Anisa Putri Nur Hidayah Universitas Udayana
  • Ida Bagus Anom Purbawangsa Universitas Udayana
  • Nyoman Abundanti Universitas Udayana

Abstract

Literasi keuangan merupakan pengetahuan dan kemampuan keuangan yang berpengaruh terhadap upaya dalam meningkatkan kesejahteraan keuangan. Penelitian mempunyai tujuan untuk memperoleh bukti empiris literasi keuangan, perencanaan keuangan dan pendapatan berpengaruh terhadap kesejahteraan keuangan. Data yang digunakan dalam penelitian berupa data primer yang dihimpun dengan melakukan survei berupa menyebarkan kuesioner dan wawancara pada guru-guru perempuan di Kota Denpasar. Sampel ditentukan dengan teknik nonprobability sampling jenis quota sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan software Partial Least Square (PLS). Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa literasi keuangan, perencanaan keuangan dan pendapatan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesejahteraan keuangan pada guru-guru perempuan di Kota Denpasar. Implikasi dari hasil penelitian secara teoritis menambah referensi riset empiris tentang konsep literasi keuangan dan teori kesejahteraan. Hal ini menunjukkan bahwa literasi keuangan yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan keyakinan individu dalam mengatur keuangannya akan memengaruhi keputusan keuangan yang akan dibuat untuk mencapai kesejahteraan keuangan yang diharapkan.


Kata kunci: Literasi Keuangan, Perencanaan, Pendapatan, Kesejahteraan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-12
How to Cite
HIDAYAH, Anisa Putri Nur; PURBAWANGSA, Ida Bagus Anom; ABUNDANTI, Nyoman. PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PERENCANAAN KEUANGAN DAN PENDAPATAN TERHADAP KESEJAHTERAAN KEUANGAN GURU PEREMPUAN DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 10, n. 7, p. 672 - 693, july 2021. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/69872>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i07.p03.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>