PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA HOTEL VISESA UBUD

  • Anak Agung Gede Ari Sudewa Universitas Udayana
  • I Gede Riana Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional, budaya organisasi dan motivasi terhadap variabel terikat komitmen organisasional. Sampel yang diambil sebanyak 107 responden, menggunakan teknik sample random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah uji PLS. Hasil analisis menunjukan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja. Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja. Kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. Upaya meningkatkan komitmen organisasional, pihak manajemen dan HRD dapat membuat kebijakan yang membuat karyawan nyaman, memberikan reward sesuai dengan kinerjanya, memiliki sikap yang dapat memotivasi karyawan, dan melakukan komunikasi secara berkala dengan setiap karyawan untuk mencapai tujuan pada Hotel Visesa Ubud.


Kata kunci: Kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, motivasi kerja dan komitmen organisasional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-03
How to Cite
SUDEWA, Anak Agung Gede Ari; RIANA, I Gede. PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL PADA HOTEL VISESA UBUD. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 8, p. 3145 - 3168, aug. 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/62003>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i08.p13.
Section
Articles