PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL DAN PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS TERHADAP COUNTERPRODUCTIVE WORK BEHAVIOR KARYAWAN PADA HOTEL MERCURE SANUR

  • Kadek Krisna Permana Putra Universitas Udayana
  • Putu Saroyeni Piartrini Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari keadilan organisasional dan pemberdayaan psikologis terhadap counterproductive work behavior karyawan di Hotel Mercure Sanur, Bali. Landasan teori yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Social Exchange Theory, karena teori ini dapat memaparkan hubungan antara organizational citizenship behavior dan counterproductive work behavior serta pengaruh keadilan organisasional, kepuasan kerja, komitmen organisasional, dan pemberdayaan psikologis. Populasi dalam penelitian ini adalah 152 orang karyawan tetap di Hotel Mercure Sanur. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 110 orang karyawan di Hotel Mercure Sanur, yang memiliki 5 kriteria sebagai berikut: umur, jenis kelamin, pendidikan terakhir, masa kerja dan jabatan pekerjaan. Penelitian ini hanya menggunakan rumus slovin sebagai formula didalam menentukan jumlah sampel yang akan dipergunakan, dikarenakan terbatasnya waktu untuk bertemu jadi hanya siapa yang bisa itu yang mengisi. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis regresi liniear berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa keadilan organisasional dan pemberdayaan psikologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap counterproductive work behavior karyawan di Hotel Mercure Sanur.


Kata kunci: keadilan organisasional, pemberdayaan psikologis, counterproductive work behavior

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-03
How to Cite
PUTRA, Kadek Krisna Permana; PIARTRINI, Putu Saroyeni. PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL DAN PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS TERHADAP COUNTERPRODUCTIVE WORK BEHAVIOR KARYAWAN PADA HOTEL MERCURE SANUR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 6, p. 2288 - 2307, june 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/58148>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i06.p12.
Section
Articles