PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN DINAS PERTANIAN TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA KOTA DENPASAR

  • I Gusti Agung Rama Pramudita Iswara Fakultas Ekonomi Universitas Udayana
  • I Nyoman Sudharma Fakultas Ekonomi Universitas Udayana

Abstract

Mencipatakan SDM yang berkualitas diperlukan pembinaan disiplin dalam tiap diri karyawan pada perusahaan yang merupakan tindakan manajemen untuk mendorong para anggota organisasi memenuhi berbagai ketentuan. Disiplin adalah sikap seseorang untuk mematuhi dan mentaati segala norma-norma peraturan yang berlaku di sekitarnya, Faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin kerja karyawan antara lain, kepemimpinan yang diperlihatkan oleh pemimpinan dalam organisasi, Budaya yang terbentuk, dan lingkungan kerja  (Martoyo, 2009 : 152). Gaya kepemimpinan adalah pola tingkah laku yang dirancang untuk mengintegrasikan tujuan organisasi dengan tujuan individu untuk mencapai tujuan tertentu. Budaya organisasi merupakan pola kegiatan manusia yang secara sistematis diturunkan dari generasi ke generasi melalui berbagai proses pembelajaran untuk menciptakan cara hidup tertentu yang paling cocok dengan lingkungannya. Sedangkan lingkungan kerja fisik yaitu semua keadaan yang terdapat di sekitar tempat kerja, akan mempengaruhi pegawai baik secara langsung maupun tidak langsung

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh secara simultan dan parsial gaya kepemimpinan, budaya organisasi dan lingkungan kerja fisik terhadap disiplin kerja karyawan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Hortikultura Kota Denpasar. Jumlah responden dalam penelitian sebanyak 50 orang karyawan. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda.

Analisis yang dilakukan menunjukan hasil penelitian bahwa variabel gaya kepemimpinan, budaya organisasi dan lingkungan kerja fisik berpengaruh signifikan secara simultan terhadap disiplin kerja karyawan pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Hortikultura Kota Denpasar dengan kontribusi sebesar 79 persen. Variabel gaya kepemimpinan, budaya organisasi, lingkungan kerja fisik juga berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap disiplin kerja karyawan pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Hortikultura Kota Denpasar dengan variabel gaya kepemimpinan sebagai variabel yang berpengaruh dominan terhadap disiplin kerja karyawan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Hortikultura Kota Denpasar.

Kata kunci: disiplin kerja, gaya kepemimpinan, budaya organisasi, lingkungan                   kerja fisik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-06-07
How to Cite
RAMA PRAMUDITA ISWARA, I Gusti Agung; SUDHARMA, I Nyoman. PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN DINAS PERTANIAN TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA KOTA DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 2, n. 6, june 2013. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/5249>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

disiplin kerja, gaya kepemimpinan, budaya organisasi, lingkungan kerja fisik