PENGARUH PERSEPSI NILAI, PERSEPSI RISIKO DAN SIKAP TERHADAP NIAT MEMBELI KEMBALI PADA MAKANAN CEPAT SAJI

  • Ni Ketut Eugenia Shara Devi Universitas Udayana
  • Ni Made Asti Aksari Universitas Udayana

Abstract

Makanan cepat saji merupakan alternatif konsumsi di zaman serba praktis seiring meningkatnya aktivitas masyarakat modern seperti sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh persepsi nilai, persepsi risiko dan sikap terhadap niat konsumen untuk membeli kembali makanan cepat saji pada restoran cepat saji di Indonesia. Sampel terdiri dari 100 orang masyarakat Indonesia yang telah lulus SMA dan pernah membeli serta mengonsumsi makanan cepat saji. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara online dan diolah menggunakan Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan persepsi nilai memengaruhi sikap secara positif, sementara persepsi risiko memengaruhi sikap secara negatif. Hasil tersebut mengindikasikan semakin besar manfaat yang dirasakan konsumen setelah membeli dan mengonsumsi makanan cepat saji maka semakin baik sikap konsumen terhadap makanan cepat saji dan semakin tinggi risiko yang dirasakan konsumen akan mengurangi rasa suka konsumen terhadap makanan cepat saji. Sikap ditemukan memengaruhi niat membeli kembali secara positif


Kata kunci: persepsi nilai, persepsi risiko, sikap, niat membeli kembali, makanan cepat saji

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-03
How to Cite
DEVI, Ni Ketut Eugenia Shara; AKSARI, Ni Made Asti. PENGARUH PERSEPSI NILAI, PERSEPSI RISIKO DAN SIKAP TERHADAP NIAT MEMBELI KEMBALI PADA MAKANAN CEPAT SAJI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 119 - 138, jan. 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/50842>. Date accessed: 05 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i01.p07.
Section
Articles