PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PROPERTI, REAL ESTATE DAN KONSTRUKSI BANGUNAN

  • Putu Diah Melinda Yanti Universitas Udayana
  • Nyoman Abundanti Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh profitabilitas, leverage  dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan di perusahaan sektor property, real estate dan konstruksi bangunan di Bursa Efek Indonesia yang secara berturut-turut membagikan dividen pada periode 2014 sampai dengan 2017. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak tiga belas (13) perusahaan yang dipilih melalui metode purposive sampling yang menentukan kriteria tertentu dalam menentukan sampel yang akan digunakan pada periode pengamatan selama empat tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi nonpartisipan, yaitu dengan mengamati laporan keuangan perusahaan. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis regresi linier berganda.  Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa profitabilitas dan leverage berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan kebijakan dividen berpengaruh negatif tidak signifikan. Hal ini menandakan kebijakan dividen bukan merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi nilai perusahaan.


Kata kunci: nilai perusahaan, dividen, profitabilitas, leverage

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-03
How to Cite
YANTI, Putu Diah Melinda; ABUNDANTI, Nyoman. PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PROPERTI, REAL ESTATE DAN KONSTRUKSI BANGUNAN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 9, p. 5632 - 5651, sep. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/46854>. Date accessed: 22 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i09.p14.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>