PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LIKUIDITAS TERHADAP KEPUTUSAN HEDGINGPADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR TERDAFTAR DI BEI

  • I Gusti Made Diah Windari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
  • Ni Ketut Purnawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh leverage, ukuran perusahaandan likuiditas terhadap keputusan hedging. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2016-2017. Jumlah sampel 124 perusahaan manufaktur dengan menggunakan teknik sampling sensus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi non partisipan yaitu melalui data laporan keuangan yang dipublikasikan pada website www.idx.co.id. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa variabel leverage yang diproksikan dengan debt to equity ratio memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan hedging. Variabel ukuran perusahaanmemiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan hedging. Likuiditas yang diproksikan dengan current ratio menunjukan pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap keputusan hedging.


Kata Kunci: leverage, ukuran perusahaan, likuiditas, hedging

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-03
How to Cite
DIAH WINDARI, I Gusti Made; PURNAWATI, Ni Ketut. PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LIKUIDITAS TERHADAP KEPUTUSAN HEDGINGPADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR TERDAFTAR DI BEI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 8, p. 4815 - 4840, aug. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/46498>. Date accessed: 23 may 2022. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i08.p04.
Section
Articles