PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL DAN KOMPENSASI FINANSIAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR

  • Ni Made Reni Budi Dhamayanti Universitas Udayana
  • I Gede Adnyana Sudibya universitas udayana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keadilan organisasional dan kompensasi finansial terhadap kepuasan kerja dan organizational citizen behavior. Penelitian ini dilakukan di PT. Dwi Eka Bakti Denpasar. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 40 orang karyawan sebagai responden dengan metode sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui metode survey. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis dengan program SPPS for Windows. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa seluruh hipotesis diterima. Keadilan organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, kompensasi finansial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, keadilan organisasional berpengaruh positif terhadap OCB, kompensasi finansial berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB. Perusahaan diharapkan dapat menerapkan sebuah peraturan baku yang telah disepakati bersama serta mampu diterapkan dan ditaati secara konsisten, mampu memberikan kesejahteraan baik finansial maupun non-finansial kepada karyawannya sesuai dengan beban kerja masing-masing.


Kata Kunci: keadilan organisasional, kompensasi finansial, kepuasan kerja, organizational citizenship behavior

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-03
How to Cite
RENI BUDI DHAMAYANTI, Ni Made; SUDIBYA, I Gede Adnyana. PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL DAN KOMPENSASI FINANSIAL TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 995 - 1025, feb. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/42048>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i02.p15.
Section
Articles