PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PEMDES DENPASAR

  • Ni Kadek Yustina Novita Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNUD
  • I Gusti Ayu Dewi Adnyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNUD

Abstract

Perusahaan akan memiliki cara untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Faktor yang dapat meningkatkannya adalah kepemimpinan transformasional dan komitmen organisasional karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepemimpinan transformasional dan komitmen organisasional terhadap kepuasan kerja pegawai pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemdes Pemerintah Kota Denpasar. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemdes Pemerintah Kota Denpasar yang berjumlah 34 orang. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, maka seluruh populasi dijadikan responden dalam penelitian. Data di analisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional dan komitmen organisasional secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemdes Pemerintah Kota Denpasar. Hal ini memiliki makna bahwa semakin baik penerapan gaya kepemimpinan, dan semakin tinggi komitmen organisasional yang dimiliki pegawai, maka semakin bertambah pula tingkat kepuasan kerja pegawai pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemdes Pemerintah Kota Denpasar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-03
How to Cite
NOVITA SARI, Ni Kadek Yustina; ADNYANI, I Gusti Ayu Dewi. PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PEMDES DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 12, p. 6786 - 6814, dec. 2018. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/40383>. Date accessed: 24 oct. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i12.p15.
Section
Articles