PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE BEI

  • I Ketut Alit Sukadana Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNUD
  • Nyoman Triaryati Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNUD

Abstract

Profit atau laba perusahaan diperlukan untuk kepentingan hidup perusahaan untuk memperoleh profit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan penjualan, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas. Penelitian ini  dilakukan pada Perusahaan Food and Beverage di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Jumlah populasi sebanyak 16 perusahaan, sample pada penelitian ini sebanyak 11 perusahaan dengan metode purposive sampling.  Pengumpulan data dilakukan melalui data sekunder. Teknik analisis yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda dengan menggunakan variabel bebas pertumbuhan penjualan, leverage, dan ukuran perusahaan. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa variabel pertumbuhan penjualan, leverage, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Hal ini menunjukkan semakin meningkatnya nilai pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan dan menurunnya nilai leverage maka profitabilitas akan semakin meningkat. Pertumbuhan penjualan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas. Leverage secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas. Ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap profitabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-03
How to Cite
SUKADANA, I Ketut Alit; TRIARYATI, Nyoman. PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE BEI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 11, p. 6239 - 6268, nov. 2018. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/40356>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i11.p16.
Section
Articles