PENGARUH RASIO PASAR DAN RASIO PROFITABILITAS TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA

  • I Nyoman Febri Mahardika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Luh Gede Sri Artini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Return saham merupakan hasil yang diperoleh dari kegiatan investasi saham. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan dari price earning ratio, earning per share, net profit margin, dan return on equity terhadap return saham.Sampel penelitian yang digunakan, yaitu perusahaan Jakarta Islamic Index di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015 yang berjumlah 19 perusahaan.Penentuan jumlah sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu menggunakan kriteria untuk pengambilan sampel.Teknik analisis data yang digunakan, yaitu regresi linear berganda data panel dengan menggunakan Eviews dan Stata sebagai pengolahan data.Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa secara parsial price earning ratio dan return on equitymempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap return saham, sedangkan earning per share mempunyai pengaruh yang negatif namun tidak signifikan terhadap return saham dan net profit margin mempunyai pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap return saham.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-04-10
How to Cite
MAHARDIKA, I Nyoman Febri; ARTINI, Luh Gede Sri. PENGARUH RASIO PASAR DAN RASIO PROFITABILITAS TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 6, n. 4, p. 1877 - 1905, apr. 2017. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/27933>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

return saham; price earning ratio; earning per share; net profit margin; return on equity