PENGARUH RATING MATURITAS TINGKAT SUKU BUNGA DAN KUPON TERHADAP PERUBAHAN HARGA OBLIGASI KORPORASI DI BURSA EFEK INDONESIA

  • I Wayan Sumarna Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ida Bagus Badjra Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Investasi di Indonesia sudah mengalami perkembangan yang cukup baik, sehingga masyarakat dapat menginvestasikan dananya di pasar modaldalam bentuk saham dan obligasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rating, maturitas, tingkat suku bunga dan kupon obligasi terhadap perubahan harga obligasi korporasi di Bursa Efek Indonesia. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 68 obligasi korporasi, dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan rating berpengaruh positif signifikan terhadap perubahan harga obligasi korporasi. Maturitas berpengaruh negatif signifikan terhadap perubahan harga obligasi korporasi. Tingkat suku bunga SBI berpengaruh negatif signifikan terhadap perubahan harga obligasi korproasi. Kupon obligasi berpengaruh positif signifkan terhadap perubahan harga obligasi korporasi. Para investor agar lebih jeli pada faktor yang mempengaruhi naik turunya harga obligasi seperti rating, maturitas, tingkat suku bunga SBI dan kupon obligasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-12-27
How to Cite
SUMARNA, I Wayan; BADJRA, Ida Bagus. PENGARUH RATING MATURITAS TINGKAT SUKU BUNGA DAN KUPON TERHADAP PERUBAHAN HARGA OBLIGASI KORPORASI DI BURSA EFEK INDONESIA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 12, dec. 2016. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/24487>. Date accessed: 18 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

rating, maturitas, tingkat suku bunga, kupon obligasi, perubahan harga obligasi