PENGARUH LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, AKTIVITAS, PROFITABILITAS, DAN PENILAIAN PASAR TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN LQ45 DI BEI

  • I G N Sudangga Adipalguna Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Anak Agung Gede Suarjaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Harga saham merupakan nilai sekarang dari penghasilan yang diterima pemodal dimasa akan datang yang ditentukan oleh permintaan dan penawaran di pasar modal. Dalam berinvestasi saham di pasar modal, yang perlu dilakukan investor adalah menganalisis harga saham. Salah satunya adalah melihat nilai CR, DER, TATO, ROA, dan EPS perusahaan tersebut. CR, TATO,ROA dan EPS yang tinggi mencerminkan perusahaan profitable dan memberikan sinyal positif pada investor untuk berinvestasi, sedangkan DER yang tinggi mencerminkan tingkat hutang perusahaan yang tinggi sehingga mengurangi minat investor berinvestasi pada perusahaan tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh CR, DER, TATO, ROA, dan EPS terhadap Harga Saham Perusahaan LQ45 di BEI. Penelitian ini mengambil 19 Perusahaan LQ45 di BEI periode 2012-2014 dengan metode sensus dan teknik analisis Regresi Linear Berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan secara parsial CR, DER, dan ROA tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, TATO dan EPS berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-12-27
How to Cite
ADIPALGUNA, I G N Sudangga; SUARJAYA, Anak Agung Gede. PENGARUH LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, AKTIVITAS, PROFITABILITAS, DAN PENILAIAN PASAR TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN LQ45 DI BEI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 12, dec. 2016. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/24010>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Harga Saham, CR, DER, TATO, ROA, EPS