PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DI PT. BPD BALI

  • I Putu Gede Denny Iswara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Anak Agung Ayu Sriathi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja, dan komitmen organisasional terhadap organizational citizenship behavior. Penelitian ini menggunakan seluruh karyawan di PT. BPD Bali Cabang Renon sebagai populasi. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 88 orang karyawan. Metode Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuisioner dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan SPSS 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan Kepemimpinan transformasional, Kepuasan kerjadan Komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan di PT. BPD Bali Cabang Renon. Untuk dapat meningkatkan organizational citizenship behavior, maka harus memperhatikan inspirational motivation, promotion opportunities dan komitmen afektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-09-13
How to Cite
DENNY ISWARA, I Putu Gede; SRIATHI, Anak Agung Ayu. PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DI PT. BPD BALI. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 9, sep. 2016. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/23325>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional, Organizational Citizenship Behavior