PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR

  • I Putu Wida Arimbawa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Nyoman Sudharma

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk menguji pengaruh kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap organizational citizenship behavior pada guru di SMAN 1 Kuta. Sampel yang diambil sebanyak 77 responden dengan menggunakan teknik non probability sampling purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala likert 5 poin untuk mengukur 17 item pertanyaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional, Kepuasan kerja, Komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior guru SMAN 1 Kuta. Pihak kepala sekolah sebaiknya memperhatikan tingkat kepuasan kerja dan komitmen organisasional yang dirasakan oleh para guru. Hal ini bertujuan agar menumbuhkan serta meningkatnya peran extra atau organizational citizenship behavior para guru di SMAN 1 Kuta.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-17
How to Cite
ARIMBAWA, I Putu Wida; SUDHARMA, I Nyoman. PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 7, july 2016. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/21682>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja, komitmen organisasional, organizational citizenship behavior.