PENGARUH SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI BAGIAN PERLENGKAPAN SEKRETARIAT KABUPATEN KLUNGKUNG

  • Putu Eka Viska Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Made Artha Wibawa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Kepuasan kerja merupakan suatu penilaian kinerja seorang pegawai terhadap pekerjaan yang dijalaninya. Kepuasan kerja karyawan penting dalam sebuah perusahaan maupun untuk sebuah instansi pemerintahan karena jika pegawai merasa puas terhadap pekerjaannya akan memberikan pengaruh yang positif untuk perusahaan maupun instansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh self-efficacy dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja pegawai di bagian perlengkapan Sekretariat Daerah Kabupaten Klungkung. Penelitian ini dilakukan kepada seluruh pegawai bagian perlengkapan baik yang berstatus tetap maupun kontrak. Sampel yang digunakan sebanyak 52 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala likert 5 point untuk mengukur 8 indikator dari variabel self-efficacy, motivasi kerja, dan kepuasan kerja. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kepuasan kerja antara pegawai tetap maupun kontrak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-11-15
How to Cite
PUTRI, Putu Eka Viska; WIBAWA, I Made Artha. PENGARUH SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI BAGIAN PERLENGKAPAN SEKRETARIAT KABUPATEN KLUNGKUNG. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 11, nov. 2016. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/21253>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

self-efficacy, motivasi kerja, kepuasan kerja