PENGARUH SELF-EFFICACY, LOCUS OF CONTROL DAN GOAL COMMITMENT TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN WARUNG MINA PEGUYANGAN DENPASAR

  • G.A. Wulandari Kusumaning Ayu Gunaputri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Wayan Suana

Abstract

Kepuasan kerja karyawan merupakan faktor penting untuk mendapatkan hasil kerja yang optimal, ketika seorang merasakan kepuasan dalam bekerja tentunya ia akan berupaya semaksimal mungkin dengan segenap kemampuan yang dimilikinya untuk menyelesaikan pekerjaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self-efficacy, locus of control dan goal commitment terhadap kepuasan kerja karyawan. Warung Mina Peguyangan Denpasar menjadi lokasi penelitian dengan jumlah responden sebanyak 50 orang karyawan, dengan metode Sampling Jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui wawancara dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel self-efficacy, locus of control dan goal commitment berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi self efficacy, locus control dan goal commitment yang dimiliki karyawan maka dapat meningkatkan kepuasan kerja karyawan tersebut.Warung Mina Peguyangan Denpasar diharapkan dapat memperhatikan tingkat self-efficacy, locus of control dan goal commitment agar dapat meningkatkan kembali kepuasan kerja dari karyawannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-08-03
How to Cite
GUNAPUTRI, G.A. Wulandari Kusumaning Ayu; SUANA, I Wayan. PENGARUH SELF-EFFICACY, LOCUS OF CONTROL DAN GOAL COMMITMENT TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN WARUNG MINA PEGUYANGAN DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 8, aug. 2016. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/20238>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

self-efficacy, locus of control, goal commitment, kepuasan kerja