KEMAMPUAN INOVASI MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PRODUK IMK SEKTOR INDUSTRI MAKANAN DI KOTA DENPASAR

  • Nayda Al Khowarizmi Ryiadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ni Nyoman Kerti Yasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja produk yang dimediasi oleh kemampuan inovasi. Populasi pada penelitian ini ialah para pengelola IMK sektor industri makanan. Total jumlah sampel yang digunakan berjumlah sebanyak 100 orang responden dengan menggunakan metode purposive sampling dengan analisis jalur dan uji Sobel sebagai teknik analisis yang digunakan. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa variabel orientasi kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap variabel kemampuan inovasi dan kinerja produk IMK sektor industri makanan di Kota Denpasar. Variabel kemampuan inovasi juga diketahui terbukti mampu memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan pada IMK sektor industri makanan di Kota Denpasar secara signifikan. Implikasi dari hasil penelitian ini menyarankan kepada para pelaku IMK sektor industri makanan yang berada di Denpasar agar bersedia terus-menerus menambah orientasi kewirausahaan serta kemampuan inovasi yang dimiliki agar usaha yang dijalankan mampu meningkatkan kinerja produknya dan akhirnya diharapkan mampu memenangkan persaingan di lingkungan bisnis yang terus berkembang semakin tajam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-04-06
How to Cite
RYIADI, Nayda Al Khowarizmi; YASA, Ni Nyoman Kerti. KEMAMPUAN INOVASI MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PRODUK IMK SEKTOR INDUSTRI MAKANAN DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 3, apr. 2016. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/18190>. Date accessed: 07 oct. 2022.
Section
Articles

Keywords

kinerja produk; kemampuan inovasi; orientasi kewirausahaan