SISTEM REKOMENDASI TEMPAT WISATA MENGGUNAKAN ALGORITMA CHEAPEST INSERTION HEURISTIC DAN NAÏVE BAYES

  • Ida Bagus Gede Dwidasmara
  • I Gusti Ngurah Agung Widiaksa Putra I Gusti Ngurah Agung Widiaksa Putra
  • I Made Widiartha
  • I Wayan Santiyasa
  • Ida Bagus Made Mahendra
  • Anak Agung Istri Ngurah Eka Karyawati

Abstract

Bali merupakan salah satu daerah pariwisata terbaik di Indonesia, terbukti pada tahun 2016 Bali menerima sejumlah penghargaan pada TripAdvisor Travellers Choice Award dalam lingkup global dan Asia. Namun adanya wabah virus Corona dari tahun 2019, menyebabkan sektor pariwisata di bali menjadi menurun, dengan demikian dibutuhkan solusi untuk memulihakan sektor pariwisata yang ada di bali, dimana salah satu solusinya adalah dengan mengangkat wisata budaya dengan lebih maksimal, sebagai daya tarik utama destinasi wisata di bali. Maka penulis mengajukan Sistem Rekomendasi wisata, yang bertujuan untuk merekomendasikan tempat wisata yang sesuai dengan wisatawan, yang dalam sistem rekomendasi ini direkomendasikan juga destinasi wisata budaya yang langsung direkomendasikan oleh masyarakat, dan terdapat juga pemetaan tempat wisata sebagai bagian dari sistem rekomendasi wisata, pemetaan tempat wisata umum dan tempat wisata budaya . Pada sistem rekomendasi wisata ini, menggunkaan Algoritma Naïve Bayes untuk merekomendasikan destinasi wisata umum berdasarkan motivasi personal wisatawan, yang berdasarkan atribut umur, jenis kelamin, minat alam, minat buatan, minat budaya wisatawan, dengan menggunakan 200 data training yang terdiri dari 14 class tempat wisata . Selain itu sistem rekomendasi wisata ini dilengkapi dengan rekomendasi perutean tempat wisata menggunakan Algoritma Cheapest Insertion Heuristic, untuk mengatur list rute tempat wisata


Kata Kunci : Sistem Rekomendasi, Algoritma Naïve Bayes, Algoritma Cheapest Insertion Heuristi, Motivasi Personal, Pemetaan Tempat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-04
How to Cite
GEDE DWIDASMARA, Ida Bagus et al. SISTEM REKOMENDASI TEMPAT WISATA MENGGUNAKAN ALGORITMA CHEAPEST INSERTION HEURISTIC DAN NAÏVE BAYES. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 10, n. 2, p. 227-238, jan. 2022. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/78313>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JLK.2021.v10.i02.p05.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>