KLASIFIKASI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN METODE MODERATED MULTIPLE REGRESSION (MMR)

KLASIFIKASI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN METODE MODERATED MULTIPLE REGRESSION (MMR)

  • I Wayan Santiyasa Universitas Udayana

Abstract

Tingkat kesejahteraan masyarakat merupakan barometer dalam menentukan kualitas suatu Negara. Begitu juga dengan Indonesia, kesejahteraan masyarakat yang selama ini masih belum jelas pola klasifikasinya sehingga menjadi rancu setiap menentukan klas masyarakat miskin. Dengan kerancuan ini berakibat pada banyaknya bantuan pemerintah pada masyarakat miskin menjadi salah sasaran. Sehingga bernagai program yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia dalam mengangkat kesejahteraan masyarakat miskin seolah-olah menjadi gagal yang dikarenakan klasifikasi yang kurang baik.
Banyak variable atau fitur sebagai penentu dang sangat berpengaruh dalam menentukan tingkat kesejahteraan masyarakat seperti : pendidikan, pekerjaan, kepemilikan, jumlah anggota keluarga, kondisi tempat tinggal, pemanfaatan air bersih, penggunaan alat penerangan rumah. Semua ini merupakan variable atau fitur yang bersifat probabilistik yang nilainya sangat tergantung pada jenis pengukurannya. Sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat sendiri akan menjadi probabilistik juga dan bersifat prediksi.
Secara statistika, data yang bersifat probabilistik dan prediktif, akan sangat baik dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi. Untuk hal tersebut, maha dalam proses klasifikasi tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia ini akan dicoba menggunakan metode Moderated Multiple Regression (MMR) yang diharapkan dapat menghasilkan klasifikasi yang lebih tegas.
Dari hasi penelitian klasifikasi kesejahteraan masyarakat Indinesia dengan metode MMR dengan 200 data sampel diperoleh hasil batas klas mampu dan tidak mampu dengan nilai total bobot akumulasi variable atau fitur sebesar 1658 dengan tingkat akurasi perhitungan sebesar 87.5%. Sehingga masyarakat dengan tegas dapat dikelompokkan menjadi kurang mampu bila memiliki nilai bobot < 1658 dan dapat dikelompokkan kedalan klas mampu bila memiliki nilai bobot ? 1658.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-21
How to Cite
SANTIYASA, I Wayan. KLASIFIKASI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN METODE MODERATED MULTIPLE REGRESSION (MMR). Jurnal Ilmu Komputer, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 39-44, may 2018. ISSN 2622-321X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/39767>. Date accessed: 30 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/jik.2017.v10.i02.p06.

Most read articles by the same author(s)