Rancang Bangun Sistem Front – End Pada Sistem Convert Data Laporan Stasiun Pengamatan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika di Sub Bidang Manajemen Data BBMKG Wilayah III Denpasar

  • I Made Bayu Dharma Wibawa Mahasiswa
  • Ida Bagus Gede Dwidasmara

Abstract

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III merupakan Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND), yang dipimpin oleh Kepala Badan. Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III  bertugas menaungi 43 stasiun yang tersebar di Indonesia bagian Barat yaitu Jawa Timur, dan Indonesia bagian Tengah dan Timur dalam hal penyediaan data dan informasi di bidang meteorologi, klimatologi dan geofisika. Balai ini terletak di Jalan Raya Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Balai ini memiliki 3 bidang salah satunya adalah Bidang Data dan Informasi. Pada bidang Data dan Informasi, salah satunya terdapat Sub Bidang Manajemen Data. Pada Sub Bidang Manajemen Data memiliki masalah terkait penginputan data laporan hasil pengamatan yang meiliki format yang berbeda – beda setiap stasiunnya yang tidak sesuai dengan Peraturan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika?Nomor 4 Tahun 2016?Tentang?Pengamatan dan Pengelolaan Data Iklim di Lingkungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Dan proses penginputan tersebut masih dilakukan secara manual. Untuk itu, dibuatkanlah system yang mampu mengconvert data laporan hasil pengamatan bulanan menjadi laporan tahunan. Sistem ini diharapkan dapat membantu kinerja pegawai dalam hal melakukan input data laporan hasil pengamatan 43 stasiun yang di naungi oleh Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III.


Kata kunci Sistem Convert Data, Manajemen Data

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-15
How to Cite
DHARMA WIBAWA, I Made Bayu; GEDE DWIDASMARA, Ida Bagus. Rancang Bangun Sistem Front – End Pada Sistem Convert Data Laporan Stasiun Pengamatan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika di Sub Bidang Manajemen Data BBMKG Wilayah III Denpasar. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 7, n. 4, p. 291-302, june 2019. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/44998>. Date accessed: 22 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JLK.2019.v07.i04.p10.

Most read articles by the same author(s)