PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP STRES KERJA DAN KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN PDAM TIRTA MANGUTAMA KABUPATEN BADUNG

  • Ni Made Ayu Yasmitha Andewi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Wayan Gede Supartha Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Made Surya Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Kepuasan kerja karyawan sangat penting pada perusahaan, untuk mencapai tujuan perusahaanperlu memperhatikan kecerdasan emosional dan stres kerja karyawan. Ketika karyawan merasakankepuasan dalam bekerja maka karyawan akan melaksanakan dan menyelesaikan pekerjaan denganbaik. Penelitian ini mengambil lokasi di PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung, data penelitiandiperoleh dari penyebaran kuesioner terhadap 159 karyawan dengan menggunakan metode proportionate random sampling. Data dianalisis menggunakan teknik Partial Least Square (PLS).Hasil penelitian ini menyatakan pengaruh negatif kecerdasan emosional dengan stres, pengaruh positifkecerdasan emosional dengan kepuasan dan pengaruh negatif stres dengan kepuasan kerja.Kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan kecerdasan emosional dan kepuasan kerja sertamemperhatikan stres kerja sehingga karyawan dapat memajukan perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-25
How to Cite
YASMITHA ANDEWI, Ni Made Ayu; SUPARTHA, Wayan Gede; PUTRA, Made Surya. PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP STRES KERJA DAN KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN PDAM TIRTA MANGUTAMA KABUPATEN BADUNG. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], july 2016. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/20016>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Kecerdasan Emosional, Stres Kerja dan Kepuasan Kerja

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>