PENAMBAHAN LATIHAN CORE STABILITY PADA WILLIAM FLEXION DALAM MENINGKATKAN KEKUATAN OTOT DASAR PANGGUL PADA IBU MULTIPARA

  • Heri Saputra RSU Dr. Rusdi Medan
  • N. Adiputra Program Studi Fisiologi Olahraga FK Universitas Udayana, Denpasar Bali
  • Muh. Ali Imron Fakultas Fisioterapi, Universitas Esa Unggul, Jakarta

Abstract

Pendahuluan: Kekuatan otot dasar panggul (ODP) setelah hamil dan melahirkan pervaginam terutama pada multipara. Kelemahan ODP bisa meng-akibatkan gangguan berkemih, prolap organ pelvis, dan disfungsi seksual. Latihan penguatan ODP dan sudah teruji manfaatnya bila dilakukan secara benar tanpa menggunakan otot-otot penunjang lain-nya. Dalam mempercepat peningkatan kekuatan otot dasar panggul peneliti melakukan penambahan latihan Core Stability Dan William Flexion. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk membuktikan penambahan latihan Core Stability dan William Flexion dalam meningkatnya aktivitas otot dasar panggul. Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian true experimental, pre and post-test group design. Dari multipara usia 35-45 tahun karyawan YRSU Dr. Rusdi Medan yang memenuhi kriteria inklusi dibagi dua kelompok perlakuan. Kelompok perlakuan I diberi latihan william flexion dan kelompok perlakuan II diberi pelatihan terpadu william flexion dan Core stability. Latihan dilakukan 3x per minggu selama 8 minggu. Semua sampel diukur kekuatan ODP dengan pelvixiser perineumeter. Hasil: Hasil penelitian Kekuatan ODP Kelompok perlakuan I sebelum latihan didapat nilai rerata 5,10 dan sesudah latihan 8,40 berbeda secara bermakna (p<0,004). Pada kelompok perlakuan II sebelum latihan didapat nilai rerata 5,00 dan setelah perlakuan didapatkan nilai rerata 8,50 berbeda secara bermakna (p<0,005). Nilai rerata kekuatan ODP kelompok perlakuan I 8,40, sedang kelompok perlakuan II mempunyai nilai rerata 8,50 berbeda secara bermakna (p<0,05). Simpulan: Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Latihan william flexion tidak lebih efektif meningkatkan kekuatan ODP pada multipara dari pada latihan william flexion dan core stability.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
SAPUTRA, Heri; ADIPUTRA, N.; ALI IMRON, Muh.. PENAMBAHAN LATIHAN CORE STABILITY PADA WILLIAM FLEXION DALAM MENINGKATKAN KEKUATAN OTOT DASAR PANGGUL PADA IBU MULTIPARA. Sport and Fitness Journal, [S.l.], feb. 2017. ISSN 2654-9182. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sport/article/view/28878>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

Core Stability, William Flexion, Kekuatan ODP