PENGGUNAAN PAKAIAN COMPRESSION BASE LAYER MEMPERCEPAT PEMULIHAN FISIOLOGIS TUBUH DAN MENINGKATKAN KENYAMANAN TUBUH SAAT BEROLAHRAGA

  • Adi Saputra Program Studi Magister Fisiologi Olahraga Universitas Udayana
  • Made Jawi Bagian Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Desak Made Wihandani

Abstract

Pendahuluan: Pakaian compression base layer dinyatakan mampu mempercepat sirkulasi darah untuk membantu penguraian asam laktat sehingga mempercepat pemulihan denyut nadi, meningkatkan proses transfer panas dari tubuh ke lingkungan yang dapat menjaga suhu ideal tubuh dan meningkatkan kenyaman ketika berolahraga. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan penggunaan pakaian compression base layer mempercepat pemulihan fisiologis tubuh ditinjau dari percepatan waktu pemulihan denyut nadi dan suhu tubuh serta meningkatkan kenyamanan tubuh mahasiswa ketika berolahraga. Metode: Penelitian dilakukan dengan desain eksperimental control group post-test only yang dikembangkan dalam bentuk rancangan silang (two-period cross over design) dengan jumlah sampel 30 mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelompok. Waktu pemulihan denyut nadi dan waktu pemulihan suhu tubuh diukur berdasarkan waktu yang dibutuhkan oleh masing-masing sampel (dalam satuan detik) untuk mengembalikan denyut nadi dan suhu tubuh kemabali ke kondisi denyut nadi dan suhu tubuh sebelum melakukan aktivitas olahraga. Kenyamanan tubuh diukur dengan menggunakan kuisioner Kenyamanan Pakaian Olahraga Compression Base Layer. Data dianalisis dengan uji T-paired dengan taraf signifikan p<0,05. Hasil: Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna (p<0,05) antara penggunaan pakaian olahraga compression base layer dengan pakaian olahraga berbahan katun. Compression base layer terbukti mampu untuk: mempercepat waktu pemulihan denyut nadi dari 826,30 detik menjadi 648,70 detik, mempercepat waktu pemulihan suhu tubuh dari 494 detik menjadi 400 detik, dan meningkatan skor kenyamanan tubuh dari 42,27 menjadi 49,83. Simpulan: Disimpulkan penggunaan pakaian olahraga compression base layer mempercepat waktu pemulihan denyut nadi dan suhu tubuh serta meningkatan kenyamanan tubuh saat berolahraga.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
SAPUTRA, Adi; JAWI, Made; MADE WIHANDANI, Desak. PENGGUNAAN PAKAIAN COMPRESSION BASE LAYER MEMPERCEPAT PEMULIHAN FISIOLOGIS TUBUH DAN MENINGKATKAN KENYAMANAN TUBUH SAAT BEROLAHRAGA. Sport and Fitness Journal, [S.l.], feb. 2017. ISSN 2654-9182. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sport/article/view/28873>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Pemulihan fisiologis, denyut nadi, suhu tubuh, kenyamanan, compression base layer.