PELATIHAN LONG SITTING HAND UP EXERCISE LEBIH BAIK DIBANDINGKAN PELATIHAN CONTRACT RELAX STRETCHING UNTUK MENINGKATKAN FLEKSIBILITAS MUSCLE HAMSTRING TIGHTNESS

  • Adi Saputra Junaidi Program Studi Fisioterapi, STIKES Baiturrahim, Jambi
  • Luh Made Indah Sri Handari Adiputra Fakultas Kedokteran , Universitas Udayana, Bali
  • M. Irfan Fakultas Fisioterapi, Universitas Esa Unggul, Jakarta

Abstract

Pendahuluan. Siswa yang mengalami gangguan Hamstring Muscle Tightness akan berisiko mengalami gangguan Anterior Curciatum Ligamen, Low back pain, dan juga plantar fascitis. Pemendekan muscle hamstring adalah suatu kondisi patologi pada otot hamstring yang mengalami pemendekan akibat hypomobility dan posisi aktivitas yang statis sehingga menyebabkan gangguan anatomi dan fungsional tubuh yang memiliki ciri khas yaitu menurunnya fleksibilitas muscle hamstring. Peningkatan fleksibilitas pada pemendekan muscle hamstring dapat dilakukan dengan pemberian penguluruan yaitu berupa Contract Relax Stretching dan Long Sitting Hand Up Exercise. Metode. Desain penelitian ini menggunakan metode eksperimental, dengan menggunakan two group pre-test and post-test design. Dilaksanakan di lapangan Ubud Gianyar Bali. Subjek penelitian berjumlah 34 orang terbagi menjadi dua kelompok. Penelitian ini dilakukan 3x seminggu selama 1 bulan antara bulan April – Mei 2016. Fleksibilitas otot hamstring diukur dengan Sit and Reach Test sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis statistik menggunakan Paired sampel t-Test. Hasil. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa dengan pelatihan contra relax stretching diperoleh peningkatan fleksibilitas dari 21,52±2,66cm menjadi 32,69±3,25cm dengan nilai p=0,00 (p<0,05). Pada pelatihan long sitting hand up diperoleh peningkatan fleksibilitas dari 20,45±3,50cm menjadi 36,21±5,06cm dengan nilai p=0,00 (p<0,05). Pada uji beda selisih menggunakan t-Independent Test antara kedua kelompok sebelum dan sesudah pelatihan I cotra relax stretching dan didapatkan nilai selisih 11,17±1.34 dan peltihan II long sitting hand up didaptkan nilai selisih 15,75±3,55 dengan nilai p=0,00 (p<0,05) didapatkan perbedaan yang bermakna. Simpulan. Berdasarkan analisis statistik dapat ditarik disimpulkan bahwa pelatihan Long Sitting Hand Up lebih baik meningkatkan fleksibilitas hamstring muscle tightness daripada pelatihan Contract Relax Stretching.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
JUNAIDI, Adi Saputra; SRI HANDARI ADIPUTRA, Luh Made Indah; IRFAN, M.. PELATIHAN LONG SITTING HAND UP EXERCISE LEBIH BAIK DIBANDINGKAN PELATIHAN CONTRACT RELAX STRETCHING UNTUK MENINGKATKAN FLEKSIBILITAS MUSCLE HAMSTRING TIGHTNESS. Sport and Fitness Journal, [S.l.], feb. 2017. ISSN 2654-9182. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sport/article/view/28872>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Long Sitting Hand Up exercise, Contract Relax Stretching, Hamstring Muscle Tightness.