UJI KLINIS IN VIVO PENGARUH KONSUMSI DALUMAN (CYCLLEA BARBATA) TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH PADA TIKUS WISTAR JANTAN DENGAN DIABETES MELLITUS TIPE 2

  • Putu Gina Astiyandani
  • Gd. Angga Permana A. W.
  • Putu Diah Vedayanti
  • Cok. Istri Devi Larayanthi
  • Made Prani Windasari
  • I.A. Ika Wahyuniari

Abstract

Angka insiden diabetes mellitus tipe 2 berada pada angka tertinggi di negara ekonomi berkembang, khususnya di Indonesia. Mediator mayor terjadinya resistensi insulin diinduksi oleh stres oksidatif. Stres oksidatif mengakibatkan hambatan fosforilasi kaskade protein untuk pengambilan glukosa dan mengurangi sensitifitas terhadap insulin sehingga terjadilah resistensi terhadap insulin. Penggunaan insulin sebagai terapi utama sering memberatkan pasien utamanya kelas menengah ke bawah, karena harga sediaan yang tergolong mahal. Daluman yang memiliki tiga kandungan antioksidan alami antara lain: asam askorbat (vitamin C), flavonoid, dan karoten yang merupakan antioksidan alami potensial yang mampu membantu sistem antioksidan alami tubuh mengatasi stres oksidatif yang mendasari patogenesis diabetes mellitus tipe 2. Penelitian ini menggunakan model uji klinis paralel terandomisasi yang dilakukan secara in vivo pada 24 ekor tikus Wistar yang telah memenuhi kriteria inklusi yang sebelumnya telah diinduksi Alloxan sehingga menderita Diabetes mellitus tipe 2 yang kemudian dikelompokkan menjadi 4 jenis perlakuan, di mana masing-masing kelompok tersebut terdiri dari 6 ekor tikus Wistar jantan. Berdasarkan data kasar yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa pemberian intervensi Daluman dengan ketiga dosis yang berbeda memberikan efek yang signifikan terhadap penurunan gula darah, yakni dengan rata-rata di atas 10%. Berdasarkan hasil uji ANNOVA dengan SPSS 16 menunjukkan terdapatnya perbedaan yang bermakna antara rata-rata kadar gula darah pada minggu pertama (PPGD1) kelompok kontrol dengan kelompok kedua, dan ketiga. Di samping itu, perbandingan rata-rata kadar gula darah pada minggu kedua (PPGD2) kelompok kontrol dengan kelompok pertama, kedua, dan ketiga menunjukkan perbedaan yang bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
ASTIYANDANI, Putu Gina et al. UJI KLINIS IN VIVO PENGARUH KONSUMSI DALUMAN (CYCLLEA BARBATA) TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH PADA TIKUS WISTAR JANTAN DENGAN DIABETES MELLITUS TIPE 2. IPTEKMA, [S.l.], nov. 2012. ISSN 2086-1354. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/iptekma/article/view/3293>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

Daluman, Diabetes Mellitus tipe 2, Antioksidan, Tikus Wistar.

Most read articles by the same author(s)