Distribusi Cacing pada Berbagai Organ Ikan Tongkol

  • BERNA NATALIA SILABAN
  • I MADE DAMRIYASA
  • NYOMAN ADI SURATMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi dan intensitas infeksi cacing serta mengetahui distribusi cacing pada berbagai organ ikan tongkol (Auxis rochei) yang dipasarkan di Kedonganan, Badung. Telah dilakukan penelitian terhadap 35 ekor ikan tongkol (Auxis rochei) dengan pengamatan terhadap cacing yang ditemukan dengan menggunakan mikroskop, dan diidentifikasi berdasarkan morfologi umumnya (Nurhayati et al., (2007)), Rohde (2005), Yanong (2008)). Penelitian ini dilakukan di Laboratorium bersama Centre for Studies on Animal Diseases (CSAD) Bukit Jimbaran. Data yang berhasil dikumpulkan dianalisa secara deskriptif dan untuk mengetahui hubungan antara intensitas dengan panjang dan berat ikan digunakan uji Rank Spearman.
Hasil penelitian didapatkan prevalensi infeksi cacing pada ikan tongkol (Auxis rochei) yang dipasarkan di Kedonganan, Badung adalah 100% dengan intensitas berkisar antara 4-339 ekor cacing dan rata-rata 31,4 serta distribusi infeksi cacing pada ikan tongkol (Auxis rochei) yang dipasarkan di Kedonganan, Badung terjadi pada berbagai organ diantaranya operculum, insang, rongga insang, lambung, usus, hati, sekum, gonad dan rongga tubuh ikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

BERNA NATALIA SILABAN
FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UDAYANA BALI
I MADE DAMRIYASA
Lab Patologi Klinik Hewan, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Udayana
NYOMAN ADI SURATMA
Lab parasitologi, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Udayana
Published
2012-07-09
How to Cite
SILABAN, BERNA NATALIA; DAMRIYASA, I MADE; ADI SURATMA, NYOMAN. Distribusi Cacing pada Berbagai Organ Ikan Tongkol. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], july 2012. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/642>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

ikantongkol, nematode, digenea, cestoda, acanthocephala

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>