Variasi Genetik Parvovirus Anjing Di Bali

  • Ayu Widya Nareswari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • I Gusti Ngurah Kade Mahardika Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • I Nyoman Suartha Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Infeksi parvovirus anjing (Canine Parvovirus/CPV) pada umumnya terjadi pada hewan muda, walau dapat juga terjadi pada hewan yang lebih tua. Parvovirus telah berevolusi menjadi berbagai strain. Strain yang bersirkulasi di Indonesia umumnya, Bali khususnya, belum diketahui. Deoxyribose-nucleic Acid (DNA) diisolasi dari organ usus halus dan jantung dalam delapan ekor anjing yang diduga terinfeksi CPV dan diamplifikasi dengan Polymerase Chain Reaction (PCR) menggunakan primer yang telah dipublikasi untuk memperbanyak VP2. Hasil PCR disekuensing. Sekuen yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan program MEGA5. Variasi genetik ditentukan dari analisis situs polimorfik dengan menyetarakan sekuens standar yang tersedia di GenBank. Tujuh
dari delapan produk PCR berhasil disekuensing dan terbaca dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa virus CPV yang bersirkulasi di Bali adalah homogen serta mempunyai sekuens yang mirip strain S5. Satu virus berbeda dengan virus lainnya yaitu mengalami substitusi G menjadi R pada asam amino nomor 370 gen VP2. Kajian lebih lanjut diperlukan untuk klarifikasi strain yangbersirkulasi di Bali.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ayu Widya Nareswari, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter Hewan
I Gusti Ngurah Kade Mahardika, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
Laboratorium Virologi Veteriner
I Nyoman Suartha, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
Laboratorium Penyakit Dalam Veteriner
Published
2016-06-06
How to Cite
NARESWARI, Ayu Widya; MAHARDIKA, I Gusti Ngurah Kade; SUARTHA, I Nyoman. Variasi Genetik Parvovirus Anjing Di Bali. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], june 2016. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/24751>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

variasi genetik, parvovirus anjing, Bali.